Yudi CU: Demi Allah Tak Ada Sepeserpun Uang untuk Walikota

Manager dan Bendahara Cilegon United Cabut BAP
CEO Cilegon United, Yudi Aprianto,Bendahara CU, Wahyu saat bersaksi di pengadilan.

BERITAKARYA.CO.ID, SERANG – Sidang lanjutan kasus dugaan suap Transmart dengan terdakwa Walikota Cilegon nonaktif, Tb Iman Ariyadi, Kepala Dinas PTSP, Ahmad Dita Prawira dan Hendy kembali digelar Rabu (7/3/2018) dengan menghadirkan saksi kunci OTT KPK beberapa waktu lalu.

Saksi kunci dimaksud adalah CEO Cilegon United, Yudi Aprianto dan Bendahara CU, Wahyu. Yudi menjadi saksi kunci karena pada saat OTT KPK beberapa waktu lalu, CEO Cilegon United inilah yang tertangkap tangan dengan barang bukti uang Rp800 juta yang berasal dari PT Brantas. Karenanya, kesaksian Yudi menjadi kesaksian yang sangat ditunggu-tunggu publik.

Dalam kesaksiannya, Yudi menegaskan bahwa uang yang diterima Cilegon United adalah murni uang sponsorship untuk kegiatan CIlegon United, bukan untuk Walikota Cilegon,Tb Iman Ariyadi. Dia bahkan bersumpah atas nama Allah SWT bahwa tidak ada sepeserpun uang yang mengalir ke Walikota Cilegon nonaktif, Tb Iman Ariyadi.

Terkait dengan kesaksiannya dalam BAP yang menyatakan bahwa uang itu akan diserahkan ke Walikota Cilegon, Yudi menegaskan bahwa dirinya tidak mengatakan hal itu.

“Saya setelah OTT dan dibawa ke KPK posisi saya sangat tertekan. Saat diperiksa penyidik saya ditekan. Saat itu saya bilang silahkan saja dicatat seperti itu (uang untuk walikota, red) tapi nanti akan saya jelaskan di pengadilan, karena itu tidak sesuai dengan hati,” jelas Yudi.

Mendengar pernyataan Yudi, salah satu JPU KPK bertanya kepada CEO Cilegon United, Yudi Aprianto.

“Tekanan seperti apa yang saudara saksi maksud,” tanya JPU KPK.

“Penyidik mendesak saya udah kamu ngaku saja, saya bilang ngaku bagaimana. Sudah terserah mau ditulis seperti itu nanti saya akan jelaskan di persidangan, karena itu tidak sesuai dengan hati nurani saya,” katanya lagi.

Ketua Majelis Hakim, Epiyanto kemudian bertanya kepada Yudi, apakah tekanan kepada Yudi dibarengi dengan todongan senjata? Yudi menjawab tidak ada.

“Tidak ada Yang Mulia. KPK profersional dalam melakukan penyidikan,” kata Yudi.

Ketua Majelis Hakim, Epiyanto kemudian berkata akan mempertimbangkan untuk menghadirkan penyidik KPK dalam sidang, terkait pernyataan Yudi yang mengaku mendapat tekanan tersebut.

Selain Yudi, Bendahara Cilegon United, Wahyu juga mengungkapkan bukti baru. Di depan Majelis Hakim, Wahyu menegaskan bahwa dirinya tidak pernah menyatakan bahwa uang yang dicairkan dari PT Brantas itu akan diserahkan kepada walikota.

Menurut Wahyu, saat pemeriksaan dirinya mengatakan kepada penyidik bahwa uang itu akan dilaporkan, bukan diserahkan.

“Saya tidak mengatakan akan diserahkan, tetapi akan dilaporkan. Kenapa pernyataan itu berubah, saya tidak tahu,” akunya.

Dalam kesempatan yang sama, Walikota Cilegon nonaktif, Tb Iman Ariyadi saat diberikan kesempatan untuk bertanya memanfaatkan kesempatan itu untuk bertanya kepada Yudi.

“Apakah uang yang diterima Cilegon United itu untuk diserahkan kepada saya,” tanya Tb Iman Ariyadi “Tidak. Uang untuk keperluan Cilegon United,” jawab Yudi.

Lalu kenapa dalam BAP saudara, saudara menyatakanakan akan melaporkan kepada saya,” tanya Tb Iman lagi. Yudi lalu menjawab bahwa apa yang dia lakukan (melaporkan uang itu, red) untuk menghormati Tb Iman Ariyadi yang selama ini sudah banyak membantu.

“Pak Walikota banyak membantu, beliau sudah berusaha membantu Cilegon United, dan saya tidak etis kalau tidak melaporkan kepada Pak Walikota yang sudah banyak membantu. Itu tanggung jawab moral saya,” tuturnya.

Pada bagian akhir, JPU KPK memohon kepada Majelis Hakim untuk menghadirkan penyidik KPK terkait dengan pencabutan BAP yang dilakukan Yudi dan Wahyu.

“Pencabutan BAP ini perlu diuji, karenanya kami memohon untuk menghadirkan bukti baru berupa rekaman penyidikan khusus untuk dua saksi ini (Yudi dan Wahyu). Kami mohon waktu untuk berdiskusi dengan penyidik terkait hal ini,” pungkasnya.

Iffan Gondrong

Categories
Hukum & Kriminal

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: