YNDI Kunjungi dan Beri Dana Stimulan Peserta Pilot Project Hidroponik

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON – Usai pelatihan budidaya hidroponik yang diselenggarakan bersama Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) Republik Indonesia pada 25 Oktober lalu, Yayasan Nurani Dhuafa Indonesia (YNDI) kunjungi kediaman peserta....

Ketua YNDI, Irfan Ali Hakim, didampingi Ketua Kelompok Usaha Mandiri (KUM) Bina Nusa, Citha Pelangi Putri mengunjungi kediaman peserta pelatihan budidaya hidroponik, Adji Djati di Komplek Puri Krakatau Hijau, Blok E5, Kelurahan Kotasari, Kecamatan Grogol, Minggu (29/11/2020).

Kunjungan itu tentunya untuk melihat perkembangan serta hasil pelatihan budidaya hidroponik yang diaplikasikan oleh Adji yang merupakan salah satu peserta setelah satu bulan lebih mempraktekan hasil pelatihan sebagai sebuah pilot project.

Irfan bersama KUM Bina Nusa yang merupakan binaan YNDI, tampak melihat dan berbincang terkait proses bagaimana mengembangkan tanaman hidroponik yang telah diaplikasikan oleh Adji dengan memanfaatkan lahan sempit di sudut rumahnya.

“Ini merupakan hasil output dari pelatihan hidroponik yang dilaksanakan oleh Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia dengan Yayasan Nurani Dhuafa Indonesia, sekaligus kami memberikan dana stimulan (peningkatan dan penyemangat) untuk pembinaan,” katanya.

Irfan mengatakan, selain sebagai pilot project dari output pelatihan budidaya hidroponik, kedepan YNDI melalui KUM Bina Nusa akan memberikan pendampingan kepada peserta pelatihan yang telah mengaplikasikan budidaya tanaman hidroponik.

Hal itu tentunya agar peserta dapat lebih mengembangkan budidaya hidroponik dengan tanaman lainnya, dimana peserta saat ini, peserta masih menerapkannya dengan jenis tanaman salad dan sawi.

“Mudah-mudahan setelah ini, kita akan melanjutkan dengan program urban farming, agar bagaimana hidroponik menjadi bagian dari ketahanan pangan untuk keluarga, dan program dari pelatihan hidroponik yang dilaksanakan oleh Kemnaker ini bermanfaat untuk masyarakat Kota Cilegon khususnya,” ujarnya.

Irfan berharap, kedepan YNDI dapat kembali mengadakan pelatihan serupa untuk dapat terus mengembangkan serta menjadikan budidaya tanaman hidroponik sebagai kegemaran bagi masyarakat.

“Kita minta support dan dukungannya, mudah-mudahan dikesempatan kemudian hari ada pelatihan yang sama untuk lebih mengembangkan lagi pelatihan hidroponik, supaya menjadi passion dari warga masyarakat Cilegon,” tuturnya.

Zainal Mutakin

Categories
CilegonKomunitas

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: