Wisata Tetap Dibuka Ditengah Larangan Mudik, Ini Alasan Pemerintah

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Pemerintah tetap membuka tempat wisata pada libur hari raya Idul Fitri 2021....

Meski ada kebijakan larangan mudik hari raya Idul Fitri pada 6-17 Mei 2021, pemerintah tetap memperbolehkan tempat wisata untuk beroperasi pada libur lebaran.

Anggota Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nasional, Kolonel Tek Wajariman mengungkapkan alasan sektor pariwisata tetap dibuka ditengah kebijakan larangan mudik.

Menurutnya, pemerintah membuka sektor pariwisata lantaran untuk memulihkan perekonomian yang terpuruk di tengah pandemi Covid-19.

“Ekonomi harus tetap stabil, itu harus tetap dikontrol. Wisata memang dibuka tetapi protokol kesehatan tetap harus diperhatikan, itu juga yang kami sampaikan ke pimpinan daerah,” kata Kolonel Wajariman usai kunjungan ke Pemkot Cilegon, Jum’at (7/5/2021).

Lebih lanjut, Kolonel Wajariman menjelaskan, pelarangan mudik hari raya Idul Fitri tahun ini merupakan hasil dari analisa Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 Nasional.

Menurutnya, pergerakan masyarakat akan lebih tinggi pada saat melakukan mudik, maka potensi penyebarannya akan lebih meluas.

“Data yang kita punya, setiap libur itu selalu meningkat. Kita lihat India. India itu peningkatannya sangat signifikan gara-gara mereka ada aktifitas seperti ini. Kita tidak ingin tsunami Covid-19 terjadi di Indonesia, sehingga kita mengingatkan dengan kebiasaan-kebiasaan yang itu memang perlu tapi kita harus waspada,” tuturnya.

Sementara, terkait dengan program vaksinasi yang sedang berjalan, yang diklaim dapat meminimalisir penyebaran Covid-19 sehingga memungkinkan masyarakat dapat melakukan mudik dengan aman, Kolonel Wajariman mengaku, vaksinasi belum berjalan secara menyeluruh.

Ia mengaku hal tersebut disebabkan pasokan vaksin yang dimiliki pemerintah saat ini jumlahnya terbatas.

“Pemerintah Pusat itu sedang berusaha keras mendapatkan vaksin sebanyak-banyaknya supaya semuanya dapat. Kita tuh ingin semuanya dapat tapi belum tentu juga, karena ketersediaan yang terbatas di Internasional,” pungkasnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: