Wiranto Segera Resmikan Badan Cyber Nasional

BERKARYA.CO.ID – Pemerintah Republik Indonesia melalui Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukkam) Wiranto memastikan dalam waktu sebulan ini akan membentuk Badan Cyber Nasional (BCN). Kepastian itu...
Wiranto/Net

BERKARYA.CO.ID – Pemerintah Republik Indonesia melalui Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukkam) Wiranto memastikan dalam waktu sebulan ini akan membentuk Badan Cyber Nasional (BCN).

Kepastian itu disampaikan Wiranto usai mengadakan pertemuan dengan Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang di kantor OSO Group, Jalan Thamrin, Jakarta, Kamis malam (5/1).

Pertemuan keduanya masing-masing dalam kapasitas sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Hanura dan Ketua Umum DPP Partai Hanura.

“Bahwa kita akan meresmikan Badan Cyber Nasional (CBN). Karena dari informaai resmi yang kita peroleh, cyber attack itu Indonesia termasuk menjadi sasaran yang besar. Jadi jumlah Indonesia termasuk yang paling besarlah di dunia ini,” jelasnya.

Padahal sekarang ini hampir semua kehidupan masyarakat bergantung pada internet dengan menggunakan pakai cyber system.

“Nah kalau attack-nya, serangan itu tidak bisa ditangkis, maka akan terjadi kekacauan. Misalnya e-commerce, perbankan, perdagangan, pasar, sekarang semua pakai internet. Kalau itu serangan tidak bisa diatasi, maka akan merusak ekonomi nasional, ekonomi masyarakat,” tegasnya.

Mantan Ketua Umum DPP Hanura ini menjelaskan, BCN nantinya akan menjalankan fungsi koordinasi yang mengakomodir informasi-informasi yang diperoleh dari tim cyber security, polisi, intelijen, BAIS untuk melakukan pertahanan serangan cyber dari manapun (cyber security).

“Tugasnya protection, persandian, sehingga nanti kehiduoan cyber di Indonesia lebih aman, nyaman. Bulan ini kita harapkan sudah terbentuk. Sebagai embrio Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) kita perkuat,” pungkasnya.

Sumber : rmol.co

Categories
IndexNasional

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: