Waspada! Ombak di Laut Banten Selatan Bisa Mencapai 4 Meter

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan surat peringatan dini potensi gelombang laut tinggi pada Rabu (13/1/2021) dan Kamis (14/1/2021). ...

Dalam surat edaran peringatan bernomor ME.01.02/PD/10/APM/I/BMKG-2021 yang dirilis pada Selasa (12/1/2021) itu potensi gelombang tinggi di Selat Sunda bagian selatan mencapai 2,5 meter hingga 4 meter.

BMKG mengimbau masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di area tersebut untuk waspada khususnya kapal nelayan.

Koordinator Data dan Informasi pada BMKG Kelas 1 Serang Tarjono mengatakan, pihaknya mendeteksi cuaca buruk terpicu oleh fenomena La Nina.

Selain itu, faktor puncak musim hujan selama Januari dan Februari juga menambah potensi tersebut.

“Selama Januari dan Februari, memang diprediksi sebagai puncak musim penghujan. Ditambah dengan fenomena La Nina yang masih moderat,” katanya saat dihubungi wartawan melalui telepon genggam, Selasa (12/1/2021).

Menurut Tarjono, secara umum gelombang laut di jalur penyeberangan Merak – Bakauheni masih dalam kategori rendah. Dimana kecepatan angin sekitar 15 knot hingga 20 knot, serta gelombang laut 0,5 meter hingga 1,25 meter.

“Jalur penyeberangan Merak-Bakauheni masih terbilang landai,” ujarnya.

Namun berbeda dengan wilayah Banten Selatan, Tarjono mengimbau kepada warga untuk waspada. Mengingat potensi gelombang laut di perairan tersebut bisa mencapai 4 meter.

“Perairan Selat Sunda di wilayah selatan, mulai Labuan hingga Binuangeun, gelombang laut itu bisa mencapai 4 meter. Maka itu masyarakat kami imbau untuk waspada,” tuturnya.

Sementara itu, Kasi Penyelamatan Berlayar pada KSOP Banten, Ganefo mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan BMKG. Ia menambahkan, saat ini kondisi cuaca di lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni masih terbilang aman.

“Saat ini terpantau oleh kami masih dalam kategori aman,” ucapnya.

Namun begitu, ia tetap mengimbau kepada para nahkoda untuk waspada terhadap perubahan cuaca ekstrim. Selain itu, mengutamakan faktor keselamatan para penumpang kapal.

“Imbauan tetap kami sampaikan, agar waspada terhadap cuaca buruk yang datang secara tiba-tiba,” pungkasnya.

Iffan Gondrong

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: