Waspada! Cilegon Kembali Masuk Zona Merah

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Cilegon kembali masuk kedalam zona merah penyebaran Covid-19, Senin (16/11/2020)....

Dimana diketahui sebelumnya Cilegon keluar dari zona merah ke zona oranye Covid-19 pada 12 Oktober 2020.

Status zona oranye beberapa waktu lalu nampaknya membuat masyarakat Kota Baja lengah, sehingga penyebaran Covid-19 kembali meningkat.

“Disaat kasus (penyebaran Covid) kita masih belum rendah, sudah banyak kerumunan-kerumunan di masyarakat, itu yang menjadi perhatian gugus tugas,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilegon, Dana Sujaksani melalui sambungan telepon.

Dana mengungkapkan, beberapa waktu terakhir, masyarakat di Cilegon sudah kembali kepada kebiasaan menyelenggarakan kerumunan.

“Seperti, muludan, car free day (CFD), termasuk dampak dari libur panjang dua minggu lalu. Itu salah satu indikator dari perubahan status ini, dari 15 indikator, disamping kasus kematian Covid juga ada peningkatan,” ujarnya.

Masih kata Dana, dengan mulai banyaknya kerumunan di masyarakat, menjadikan Cilegon daerah resiko tinggi penyebaran Covid-19.

Untuk mengurangi resiko penyebaran itu, lanjut Dana, pihaknya akan kembali melakukan tracing penyebaran Covid-19 di Cilegon.

“Angka kasus, tidak terlalu berpengaruh terhadap perubahan zona ini. Tetapi yang harus di perhatikan adalah kaitan dengan bagaimana tindakan preventif terhadap protokol kesehatan di masyarakat,” tuturnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data dari Dinkes Cilegon, tercatat secara akumulasi telah mencapai angka 1.002 kasus.

Dimana sebanyak 99 orang terkonfirmasi positif Covid-19, 31 orang meninggal dunia dan 872 orang dinyatakan sembuh.

Zainal Mutakin

Categories
CilegonKesehatan

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: