Walikota Cilegon Janji Surati Jokowi untuk Terbitkan Perppu

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Setelah beberapa lama tidak merespon aksi massa menolak UU Cipta Kerja, hari ini Selasa (20/10/20) Walikota Cilegon, Edi Ariadi menemui massa buruh dan mahasiswa....

Edi bahkan menegaskan akan mengirimkan surat ke Presiden Joko Widodo untuk meminta diterbitkannya Perppu.

Awalnya, buruh dan mahasiswa meminta agar Walikota Cilegon dan Ketua DPRD menolak UU Cipta Kerja yang menuai polemik dan menimbulkan gelombang aksi unjuk rasa.

Namun, dalam kesepakatan tertulis yang ditandatangani Walikota Edi Ariadi, Ketua DPRD, Endang Effendi dan perwakilan serikat buruh, tidak ada kata menolak UU Cipta Kerja.

Bunyi surat pernyataan sikap terkait UU Tentang Cipta Kerja yang ditujukan kepada Presiden RI Joko Widodo sebagai berikut :

Disampaikan dengan hormat, sesuai dengan kondisi dan situasi Kota Cilegon pascadisahkannya Undang-Undang Cipta Kerja oleh DPR RI tertanggal 5 Oktober 2020 menimbulkan gelombang aksi penolakan dari Forum Serikat Buruh/Serikat Pekerja, Mahasiswa, dan Ormas.

Terkait hal tersebut, maka kami Walikota Cilegon, Ketua DPRD Cilegon beserta elemen Forum Komunikasi SP/SB Kota Cilegon, mahasiswa, dan Ormas Kota Cilegon menyatakan dengan tegas Undang-Undang Cipta Kerja serta meminta diterbitkannya Petaturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (PERPPU),” demikian isi surat pernyataan sikap yang ditanda tangani Ketua DPRD Cilegon Endang Effendi, Walikota Cilegon Edi Ariadi, dan 5 ketua serikat buruh Kota Cilegon.

Pernyataan sikap tersebut disampaikan oleh perwakilan serikat buruh disaksikan Walikota Cilegon, Ketua DPRD dan Kapolres di hadapan ratusan massa.

Dalam orasinya , Walikota Cilegon Edi Ariadi mengatakan bahwa pemerintah sudah memenuhi keinginan dan tuntutan buruh untuk menolak UU Cipta Kerja. Untuk itu, rencana demo yang selayaknya akan berlangsung besok di depan gedung DPRD Cilegon dibatalkan.

“Jadi saya sudah bermusyawarah dengan ketua-ketua serikat kemudian Pak Kapolres, Ketua DPRD Alhamdulillah tadi yang sudah disampaikan itu adalah kesepakatan bersama. Tentunya ini kesepakatan untuk buruh kita makin sejahtera. Kita sepakat untuk mendorong Presiden menerbitkan Perppu UU Cipta Kerja,” kata Edi.

Setelah ada kesepakatan itu, ratusan massa yang terdiri dari buruh dan mahasiswa langsung membubarkan diri. Mereka tak akan lagi melakukan demo esok hari.

Iffan Gondrong

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: