Walah! Dari Ribuan Pelamar CPNS, Hanya 93 Orang yang Lolos

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Tes penerimaan CPNS Kota Cilegon tahap pertama sudah selesai. Ironisnya, dari ribuan yang daftar tepatnya 2.820 orang, hanya 93 orang yang lolos atau setara dengan 3 persen saja.
Ilustrasi/NET

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Cilegon Mahmudin mengataan, jumlah pelamar yang lolos passing grade itu diperoleh berdasarkan laporan dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas)  melalui portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SCCN).

“Kalau berdasarkan hitung-hitungan manual kita 3 persen (yang lolos, red). Namun setelah kita dapat laporan dari SCCN itu ternyata jumlahnya lebih dari itu, naik menjadi 93 orang yang lolos passing grade dari hitungan awal kita 87 orang,” jelas Mahmudin saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (12/11/2018).

Mahmudin mengakui, jumlah peserta yang lolos passing grade tersebut sangat kecil jika mengacu pada formasi dan total kuota kursi CPNS yang tersedia. Pasalnya, kuota yang tersedia sebanyak 230 dan yang terisi hanya 210 formasi.

“Namun dari total peserta tes SKD itu, hanya 93 peserta yang lolos passing grade yang nilainya rata-rata 320. Dengan jumlah itu artinya nanti kita masih kekurangan SDM,” ujarnya. 

Mahmudin tidak membantah bahwa peserta yang lolos pada tes SKD ini belum memenuhi harapan BKPP.  Karenanya, dia menyatajan akan berupaya untuk mengusulkan ke BKN untuk mengevaluasi ambang batas nilai atau passing grade tes, agar formasi dapat terisi.

Iffan Gondrong

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: