Wagub Andika Evaluasi Pelayanan Tes Covid-19 di Pelabuhan Merak

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Wakil Gubernur (Wagub) Banten, Andika Hazrumy evaluasi pelayanan tes GeNose dan Rapid Antigen Covid-19 di Pelabuhan Merak....
Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy
Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy

Evaluasi tersebut dilakukan saat Wagub beserta Wakapolda Banten dan jajaran meninjau persiapan pelaksanaan larangan mudik di Pelabuhan Merak, Rabu (5/5/2021).

“Memang kalau fasilitas disini sudah memenuhi syarat, cuma ada beberapa catatan yaitu terkait pelaksanaan pemeriksaan GeNose (tes Covid-19), harus lebih dirapihkan,” ujar Andika, Rabu (5/5/2021).

Pelayanan tes Covid-19 tersebut menurut Andika, patut diberikan perhatian khusus. Sebab, kata Wagub, jika dilakukan secara sembarangan dapat menimbulkan penyebaran virus.

“Karena kondisi yang ada kan harus steril, tidak boleh asal. Tadi sudah saya informasikan dan Bu Kadinkes juga sudah komunikasikan agar lebih dibenahi lagi,” tuturnya.

Pada tinjauan tersebut, Wagub Andika juga mendapati petugas pemeriksa tes Covid-19 tidak menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

“Minimal untuk petugas medis itu dilengkapi dengan peralatan medis. Maskernya harus betul-betul jelas. Karena tadi pas dilihat maskernya juga turun, tidak memakai golves, tidak memakai sarung tangan, tidak memakai baju hazmat, tidak memakai face-shild dan juga menaruh kantong GeNose asal dibuka,” ucapnya.

Dengan beberapa kekurangan dalam pelayanan kesehatan itu, Wagub Andika langsung menugaskan Dinas Kesehatan Provinsi Banten untuk membenahi dan mengkordinasikan dengan petugas medis terkait.

“Karena bagaimanapun juga untuk keselamatan dirinya, penumpang dan petugas di sini,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Ati Pramuji Hastuti mengaku, akan segera menindaklanjuti evaluasi dan arahan Wagub Banten tersebut.

“Akan segera dibenahi. Itulah pentingnya kita hari ini melakukan pemantauan di lapangan. Jadi jika ada yang belum benar, kita luruskan kembali,” tandasnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Kesehatan

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: