Tragis! Dibangun Miliaran Rupiah, Shelter Bus Trans Cilegon Dibiarkan Begitu Saja

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Shelter atau tempat pemberhentian bus Trans Cilegon sudah lama tidak beroperasi dan dibiarkan terbengkalai....

Di sepanjang Jalan Lingkar Selatan atau JLS, ada 4 shelter yang dibangun, dan semuanya tidak beroperasi.

Pembangunan 4 shelter itu masuk dalam Program Sarana Angkutan Umum atau SAUM yang diresmikan oleh pemerintah setempat pada awal tahun 2019 silam. Anggaran yang dihabiskan tidak sedikit, terapi miliaran rupiah.

Program yang tujuannya sangat mulia itu fokus untuk pelayanan terhadap masyarakat dalam mempermudah perjalanan atau terpenuhnya transportasi massal masyarakat yang tidak memiliki kendaraan pribadi. 

Namun sampai saat ini manfaatnya tidak ada. Bus Trans Cilegon tidak beroperasi selayaknya manjadi angkutan umum masyarakat dan shelter tempat pemberhentian bus dibiarkan terbengkalai. 

Kondisi itu membuat Anggota Komisi III DPRD Kota Cilegon, Rahmatullah prihatin. Ia menyayangkan APBD yang miliaran rupiah terbuang sia sia 

“Jangan sampai APBD terbuang sia-sia, tidak termanfaatkan oleh masyarakat. Operasionalnya baru sekali dua kali ke sininya sudah hilang, lenyap begitu saja,” kata Rahmatullah, Rabu 2 Januari 2022.

Ketua PDC Partai Demokrat Kota Cilegon itu juga mempertanyakan perihal penambahan unit bus, serta kejelasan dari jenis plat yang akan digunakan.

“Jika program SAUM itu masih dilaksanakan, segera dilakukan perbaikan manajemennya. Plat-nya juga harus jelas, kuning atau merah. Diperjelas dulu program Dishub itu supaya benar-benar bermanfaat bagi masyarakat,” kata Rahmatullah.

Dia menambahkan, siapapun Kepala Dishubnya, yang perlu dilakukan adalah perawatan, maintenance dan manajemen yang baik.

“Supaya masyarakat yang tidak punya kendaraan bisa menggunakan fasilitas yang disiapkan oleh pemerintah daerah,” sambungnya.

Terpisah, Kepala Dishub Kota Cilegon, Andi Affandi saat dihubungi melalui pesan singkat Whatsapp mengungkapkan bahwa SAUM yang tidak beroperasi dan terbengkalai itu karena anggaran untuk operasionalnya sudah tidak ada lagi di tahun 2022.

“Tidak dianggarkan,” katanya singkat.

Penulis : Crist

Editor : Iffan Gondrong

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: