Tradisi Ziarah Saat Idul Fitri Jadi Berkah Penjual Bunga

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Tradisi ziarah pada momen perayaan Idul Fitri membawa berkah tersendiri bagi pedagang bunga....

Salah satunya di Komplek Tempat Pemakaman Umum (TPU) Makam Balung yang berlokasi di Kelurahan Citangkil, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon yang dipadati peziarah.

Pantauan wartawan Beritakarya.co.id, peziarah bukan hanya datang dari Cilegon saja, melainkan ada sejumlah peziarah yang datang dari luar kota yang tampak mengendarai mobil dengan plat nomor B.

Momen tersebut dimanfaatkan oleh belasan pedagang bunga yang merupakan warga sekitar area TPU Makam Balung untuk berjualan.

Kartini, salah satu pedagang bunga asal Lingkungan Tegal Cabe mengaku, dirinya merasa diuntungkan dengan banyaknya peziarah yang memadati area pemakaman tersebut setiap tahunnya.

“Alhamdulillah kang, dari jam 9 laku 50 plastik bunga, kebanyakan yang beli orang luar Cilegon sih,” katanya seraya tersenyum senang, Kamis (13/5/2021).

Hal senada juga disampaikan oleh Dedi yang juga pedagang bunga. Ia mengungkapkan, sejak malam hari dirinya sudah menyiapkan barang dagangannya untuk dijual kepada peziarah di TPU Makam Balung.

“Dari semalem saya udah bungkus-bungkusin, ya Alhamdulillah hasilnya buat sehari-hari,” ungkapnya.

Sekantong bunga yang dihargai lima ribu rupiah tersebut menurut salah satu peziarah asal Tangerang cukup murah. Dirinya juga merasa terbantu dengan adanya pedagang bunga tersebut.

“Kirain lagi lebaran begini tuh mahal, taunya ya cuma lima ribu. Kita gak sempet beli bunga tapi alhamdulillah di sini ada yang jual,” ujarnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: