TPS Anies Mencoblos Dihiasi Ornamen Betawi

BERKARYA.CO.ID, Jakarta – Calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, akan mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 28 Kelurahan Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Di TPS itu dipasang tenda...
<p>TPS Anies Dihiasi Ornamen Betawi</p>

BERKARYA.CO.ID, Jakarta – Calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, akan mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 28 Kelurahan Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Di TPS itu dipasang tenda berwarna merah putih berhias sejumlah ornamen Betawi, seperti sepasang ondel-ondel di luar tenda. Juga beberapa baki berbungkus kain putih.

“Kami pakai warna merah putih karena ini kan suasananya agak panas,” kata Malkan, Ketua RT 06 RW 04, Kelurahan Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan, di TPS 28, Rabu, 19 April 2017. Panitia memutuskan menggunakan konsep merah putih dalam situasi yang disebutnya gonjang-ganjing ini.

Malkan mengatakan, hanya butuh dua hari untuk mempersiapkan TPS 28. Menurut dia, desain TPS kali ini tidak jauh berbeda pada saat pencoblosan putaran pertama, yaitu mempertahankan unsur kebudayaan Betawi. “Betawi karena memilih Gubernur Jakarta,” ujarnya.

Malkan menyebutkan jumlah daftar pemilih tetap di TPS 28 pada putaran kedua sebanyak 715 orang. Jumlah itu bertambah 17 pemilih dari putaran sebelumnya sebanyak 698 pemilih DPT. Dalam putaran pertama, menurut Malkan, tingkat partisipasi pemilihan di tempatnya cukup tinggi. “80 persen nyoblos,” ujarnya.

Ornamen Betawi tak hanya terlihat di TPS. Petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara pun mengenakan pakaian adat Betawi. Sebanyak tujuh anggota KPPS mengenakan jas hitam yang dilengkapi jam rantai di saku. Ketua KPPS Ahmad Subai mengatakan persiapan sejauh ini sudah berjalan aman dan lancar. “Hampir 100 persen. Sebelum ini sudah lumayan lancar dan aman, tinggal pelaksanaannya saja,” kata Ahmad.

Rencananya, Anies dan keluarganya akan mencoblos pukul 08.30. Nama Anies berada di urutan 582 dalam DPT. Tepat di bawahnya adalah Fery Farhati, istri Anies, dan anaknya, Mutiara Baswedan.

Sumber

UploaderĀ  : Muzakir

Categories
Nasional
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: