Tingkatkan PAD, Pemkot Cilegon Bentuk Tim Khusus

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Pemkot Cilegon akan membentuk Tim khusus untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)....
Walikota Cilegon, Helldy Agustian
Walikota Cilegon, Helldy Agustian

Tim yang terdiri dari Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Cilegon, Badan Pertanahan Nasional (BPN), Pajak Pratama, dan Notaris tersebut bertujuan untuk melakukan penyeragaman antara Pajak Penghasilan (PPh) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sebagai salah satu PAD Cilegon.

“Nanti hasilnya adalah mengevaluasi kinerja saat ini, karena emang banyak temuan kemaren itu antara PPh dengan BPHTB itu harganya berbeda tergantung wilayahnya. Dan supaya PAD Kota Cilegon jauh lebih meningkat, jauh lebih besar,” kata Walikota Cilegon, Helldy Agustian, usai penyuluhan pajak daerah UPTD Pelayanan Pajak Daerah wilayah III BPKAD di salah satu hotel di Cilegon, Senin (24/5/2021).

Helldy mengungkapkan, pembentukan tim tersebut agar para pengelola pajak daerah tidak dapat mengurangi atau mempermainkan nilai pajak yang akan masuk ke kas daerah.

“Artinya begini, umpamanya beli tanah 200, menurut pajak 400 JNT (wilayah) nya, terus kemudian BPHTB kita 100 atau 200 masih bisa diterima BPHTB nya. Jadi supaya nanti harta di Notaris sama, pajak sama, pemerintah kita sama pajaknya, jadi tidak bisa dikurangi atau dipermainkan,” ujarnya.

Dengan membangun sinergi melalui tim khusus tersebut, Helldy berharap kedepan PAD Cilegon dapat lebih ditingkatkan.

“Kemudian ha-hal yang menjadi masalah di lapangan kita ingin bersinergi, apakah sudah pantas pajak di Cilegon dengan harga PBB nya seperti itu dirumuskan bersama, atau mau dinaikan, atau seperti apa nanti ke depannya,” tandasnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: