Tiga Balon Perseorangan Pilkada Cilegon Lolos Vermin KPU

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON – Tiga bakal pasangan calon dari jalur independen (perseorangan) telah dinyatakan lolos verifikasi administrasi syarat dukungan di Pilkada Cilegon 2020....

Ketiga bakal pasangan calon (Balon) dari jalur perseorangan yang akan mengikuti kontestasi Pilkada 2020 di Kota Cilegon yakni pasangan Ali Mujahidin (Mumu) dan Firman Mutakin, kemudian pasangan Lukman Harun dan Nasir, serta pasangan Malim Hander Joni dan Hawasi Syabrawi.

Ketua KPU Kota Cilegon, Irfan Alfi mengatakan, ketiganya telah memenuhi syarat dalam verifikasi administrasi (Vermin) dan selanjutnya akan mengikuti proses verifikasi faktual (Verfak).

“(Vermin balon perseorangan) Sudah selesai dilakukan, dan nanti akan kita lakukan proses verfak selanjutnya,” kata Irfan melalui sambungan telepon, Selasa (23/6/2020).

Untuk jadwal tahapan verifikasi faktual syarat dukungan balon perseorangan, akan dilaksanakan KPU mulai tanggal 24 Juni-12 Juli 2020.

“Tapi mungkin mulai turun nanti ke kelurahan itu mulai tanggal 27 atau 28 yah. (Ketiganya) Sudah dipastikan lolos, tinggal melaju dalam proses verifikasi faktual,” ujar Irfan.

Sementara itu, Komisioner KPU Cilegon, Eli Jumaeli mengatakan, penyerahan hasil verifikasi administrasi dukungan balon perseorangan telah diserahkan kepada ketiga balon pada 22 Juni 2020 kemarin.

Ketiganya telah memenuhi syarat dukungan minimal balon perseorangan, dimana pasangan Mumu-Firman menyerahkan sebanyak 58.398 syarat dukungan, sebanyak 55.573 dukungan dinyatakan memenuhi syarat (MS) dan 2.825 dukungan tidak memenuhi syarat (TMS).

Kemudian pasangan Lukman Harun-Nasir menyerahkan sebanyak 29.200 dukungan, sebanyak 24.967 dinyatakan memenuhi syarat dan 4.233 tidak memenuhi syarat, sedangkan pasangan Malim Hander Joni-Hawasi Syabrawi menyerahkan sebanyak 25.001 dukungan, dimana 24.925 dinyatakan memenuhi syarat dan 76 dinyatakan tidak memenuhi syarat.

“Hasil verminnya sudah terpenuhi, yang memenuhi syarat (minimal) dukungan diatas 24.699. Karena sudah terpenuhi, nanti ketiga balon ini lanjut ditahap verifikasi faktual,” kata Eli.

Eli juga mengatakan, petugas KPU Cilegon akan memaksimalkan proses verifikasi faktual syarat dukungan balon perseorangan tersebut selama 1 minggu.

“Jadi se-Kota Cilegon ada 105.465 syarat dukungan dari ketiga bakal calon yang harus kita verifikasi faktual,” tandasnya.

Zainal Mutakin

Categories
Politik

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: