Tercecer ke Badan Jalan, Tumpukan Sampah Ganggu Aktifitas Warga

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Persoalan sampah nampaknya butuh perhatian khusus, bukan hanya pemerintah tapi seluruh masyarakat....

Sebab, jika dibiarkan, sampah akan membawa masalah pencemaran lingkungan, kesehatan, bahkan mengakibatkan banjir.

Seperti tumpukan sampah yang berserakan hingga ke badan jalan yang berada di Jalan Puskesmas, Lingkungan Sumur Jaya, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Pulomerak.

Salah seorang warga Rizki Waladun Khoiri (21) yang sering melintasi jalan tersebut, mengeluhkan kondisi ceceran sampah di jalan keluar-masuk Pasar Merak itu.

“Jadi kalau sampahnya sudah numpuk begitu, bisa sampe nutupin jalan, yang tadinya bisa buat jalan 2 mobil jadi cuma 1 mobil, harus bergantian,” keluhnya kepada BeritaKarya.co.id, Selasa (22/6/2021).

Lebih lanjut, Rizki menuturkan kondisi tersebut bisa lebih parah pada hari libur. Ia berharap pemerintah dapat memberikan perhatian dan solusi untuk menangani permasalahan tumpukan sampah itu.

“Masa iya, mau masuk pasar disambut sama sampah yang semerawut begitu,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Marjuki, sopir truk sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengaku kewalahan mengatasi sampah yang semakin di lokasi tersebut.

“Ini sampah dari mana-mana, Kang. Dari Langonsari, Mekarsari, belum dari luarnya pada buang sampahnya di sini,” ucapnya.

Dengan kondisi demikian, Marzuki berharap adanya penambahan sarana prasarana untuk menangani persoalan tersebut.

“Pengennya mah ditambah unit sama personel di lapangannya. Saya tuh kan dari rumah pergi kerja pengen lingkungan masyarakat Merak ini bersih, biar saya juga enak bawanya,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Penanganan Sampah DLH Kota Cilegon Redha Badaruddin, membenarkan dengan kondisi sampah di wilayah tersebut.

Menurutnya, untuk penambahan sarana dan prasarana, pihaknya sudah mengajukan kepada yang berwenang.

“Selalu kita ajukan, mungkin nanti untuk penambahan sarana dan prasarana ada di Renstra (Rencana dan Strategi) 2022-2026,” ujar Redha ditemui di ruang kerjanya.

Selain itu, Redha juga mengimbau kepada UPTD Kebersihan setempat sebagai kepanjangan tangan DLH untuk lebih mensosialisasikan persoalan sampah kepada masyarakat.

“Mau bagaimanapun masyarakat tidak serta-merta bisa disalahkan, karena persoalan sampah mau baik atau buruknya adalah tugas kami. Dan UPTD setempat diharapkan lebih membuka mata terhadap persoalan sampah di wilayahnya,” pungkasnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: