Tenaga Kesehatan di Cilegon Akan Divaksin Tahap 3

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Tenaga kesehatan (Nakes) akan mendapatkan vaksinasi Covid-19 tahap ketiga....

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilegon Dana Sujaksani mengatakan, vaksinasi khusus bagi nakes tersebut akan dilaksanakan pada akhir Agustus 2021.

“Jadi untuk vaksinasi tahap ketiga ini khusus tenaga kesehatan, akan kita lakukan di akhir Agustus ini,” kata Dana saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (26/8/2021).

Dana menyebutkan, pada tahap ketiga tersebut, jenis vaksin yang akan diberikan kepada sekitar 3.000 nakes di Cilegon adalah vaksin jenis Moderna yang berfungsi sebagai pendorong (Booster).

“Untuk pendistribusiannya nanti saya serahkan ke masing-masing puskesmas, klinik, dan rumah sakit nakes itu bekerja,” ujarnya.

Dana menuturkan, vaksin jenis Moderna itu aman digunakan untuk nakes yang pernah terkonfirmasi Covid-19, asalkan mereka sudah menerima vaksinasi tahap kedua.

“Efektifitasnya mencapai 80 persen. Untuk efeknya secara medis belum lihat dari sisi itu, tapi kalau dari pengalaman yang saya tahu dari daerah lain memang agak berdampak seperti agak meriang, agak pegal-pegal, tergantung kondisi fisik yang bersangkutan,” tuturnya.

Meski memiliki efektifitas tinggi, Dana mengatakan vaksin jenis Moderna tersebut belum didistribusikan secara luas kepada masyarakat.

“Untuk masyarakat umum belum ada instruksi dari atas (pemerintah pusat), karena jenis Moderna ini terbatas tidak seperti Sinovac yang banyak, makanya khusus nakes,” pungkasnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq
Editor: Zainal Mutakin

Categories
Kesehatan

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: