Telan Biaya Rp1,6 Miliar, DPRD Minta Pemkot Tunda Renovasi Kantor Walikota Cilegon

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Pemkot Cilegon akan melakukan renovasi Gedung Walikota yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Ramanuju, Kecamatan Purwakarta....

Renovasi tampak muka Gedung Walikota Cilegon yang akan dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Cilegon tersebut rencananya akan dimulai pada Agustus 2021.

Berdasarkan data di website Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Cilegon, biaya renovasi tampak muka Gedung Walikota yang masih dalam tahapan lelang tersebut dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Cilegon senilai Rp1,6 miliar.

“Pelaksanaan pekerjaan selama 120 hari kalender, mulai Agustus, jadi sekitar 4 bulan,” kata Kepala DPUTR Cilegon Ridwan saat dikonfirmasi wartawan melalui sambungan telepon, Rabu (21/7/2021).

Ridwan menjelaskan, renovasi Gedung Walikota Cilegon itu, hanya untuk merapihkan tampak muka gedung dengan lapisan Aluminium Composite Panel (ACP).

“Konstruksi engga kita rubah, cuma kita bungkus memakai ACP supaya tampak depannya terlihat bagus dan indah, tampak mukanya kita rapihkan gitu,” ujarnya.

Menanggapi kegiatan proyek renovasi tampak muka Gedung Walikota tersebut, Wakil Ketua DPRD Cilegon Hasbi Sidik meminta Pemkot Cilegon menunda pekerjaan yang akan dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

“Kan (renovasi) Kantor Pemkot itu belum mendesak, masih layak lah, kecuali kantor walikota itu sudah rusak. Kan sudah dicat juga itu, mau dirubah apalagi itu,” katanya.

Hasbi menuturkan, Pemkot Cilegon di bawah kepemimpinan Helldy-Sanuji, seharusnya lebih sensitif terhadap persoalan dan kondisi masyarakat yang tengah kesulitan dan terdampak selama masa pandemi Covid-19.

“Masalahnya kan masyarakat kita ini banyak yang memerlukan bantuan yang sedang Isoman (isolasi mandiri) segala macam, kan ini masih banyak yang perlu bantuan,” tuturnya.

Hasbi mengungkapkan, pelaksanaan program renovasi kantor kepala daerah di tengah pandemi tersebut, terkesan memunculkan persepsi ketidakberpihakan eksekutif terhadap kebutuhan masyarakat.

“Ditundalah, atau anggaran itu dialihkanlah untuk yang lebih penting, orang kinerjanya juga belum kelihatan walikota itu,” pungkasnya.

Penulis: Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: