Tanpa Izin KKP, WNA Pakistan Positif Covid-19 Turun Dari Kapal

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Kru kapal pengangkut bahan pertamax ke Pelabuhan Pertamina Merak, dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19....

Kapal yang diketahui berasal dari Arab Saudi tersebut sandar di Depo Pertamina Tanjung Sekong, Kecamatan Pulomerak, pada 26 Juni 2020.

Dua kru kapal berinisial S dan N yang merupakan warga negara asing (WNA) turun ke darat dan sempat menginap di Hotel The Royale Krakatau Cilegon.

S yang merupakan WNA asal Pakistan itu berniat untuk pulang ke negara asalnya dengan menggunakan pesawat dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta)

Namun, sebelum terbang, S diwajibkan melakukan tes swab sebagai syarat penumpang yang akan terbang, dan hasilnya dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banten, dr Sedya Dwisangka mengatakan, S yang merupakan kapten kapal pengangkut gasoil tersebut turun dari kapal tanpa sepengatahuan pihak KKP.

“Kru ini urun 27, tanpa pemberitahuan ke pihak Kantor KKP, jadi kita sama sekali tidak tahu untuk informasi ini,” katanya saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (2/7/2020).

Usut punya usut, S turun dari kapal atas inisiatif dari pihak agen lokal yakni PT Pertamina Trans Continental.

Sedya mengatakan, agen yang mengizinkan kru kapal turun tersebut tidak melapor atau melakukan komunikasi kepada pihak KKP.

Agen tersebut telah melanggar standar operasional prosedur (SOP) dan protokol kesehatan yang telah ditetapkan secara nasional oleh KKP.

“Jadi ada misinformasi, jadi sepertinya pihak KKP sudah memberikan izin, padahal bagaimana kita memberikan izin, yang minta aja engga ada. Kalau dinfokan, kita punya SOP yang kita lakukan untuk kru yang akan turun,” ujarnya.

KKP saat ini sudah memanggil pihak agen pelayaran yang menurunkan WNA Pakistan yang positif Covid-19 tanpa izin.

Dengan kejadian tersebut, KKP menghimbau kepada seluruh agen pelayaran yang ada di Banten untuk mematuhi SOP dan protokol kesehatan dengan melapor jika ada kru kapal yang akan turun.

“Kita akan mengumpulkan agen, mungkin Senin. Kita sedang melisting agen yang ada di Banten yang terkait kru kapal masuk dari luar, kita akan mengadakan pertemuan secara virtual,” tutur Kepala KKP Banten.

Zainal Mutakin

Categories
CilegonKesehatan

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: