Tak Ziarah ke Makam Pendiri Cilegon, Helldy Dinilai Tak Hargai Pejuang

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Tokoh dan politisi Cilegon menyayangkan sikap Walikota Cilegon, Helldy Agustian yang tidak ziarah ke makam Almarhum TB Aat Syafaat....

HUT Cilegon tahun 2021 ini sekaligus menjadi yang pertama Walikota Cilegon tidak ziarah ke makam pendiri Kota Cilegon itu.

Wakil Ketua Bidang Lembaga Kemasyarakatan dan Kerohanian DPD Partai Golkar Cilegon, Sutisna Abas mengatakan, Walikota Helldy terkesan menafikan keberadaan pejuang dan pendiri kota baja.

“Ini kan mengajarkan kepada generasi muda Cilegon, bahwa walikota sekarang tidak menghargai pejuang, bahkan pendiri Kota Cilegon,” kata Sutisna kepada Beritakarya.co.id, Selasa (27/4/2021).

Menurut pria yang akrab disapa Tisna itu, seharusnya Helldy dapat mengesampingkan perbedaan warna, serta pandangan politik.

“Toh tidak merendahkan martabat walikota kalau dia ziarah ke makamnya Pak Aat. Saya sangat menyayangkan sikap Walikota Cilegon, padahal dia sedang mewarisi kepemimpinan itu di Cilegon,” ujarnya.

Sebagai pemimpin daerah, lanjut Tisna, Helldy dapat menghargai sejarah berdirinya Cilegon, yakni dengan menghargai pendiri Cilegon.

“Akhirnya saya tidak simpatik kepada walikota, bagaimana dia mengajarkan menghargai dirinya kalau dia tidak bisa menghargai pendiri kota ini,” tuturnya.

Meski Helldy telah mengirim bacaan surat Al-Fatihah untuk Almarhum Tb Aat Syafa’at pada pelaksanaan Rapat Paripurna Istimewa Peringatan Hari Jadi Kota Cilegon ke-22 di Gedung DPRD Cilegon, namun menurut Tisna, selayaknya seorang pemimpin dapat menyempatkan waktu untuk ziarah ke makam pahlawan pendiri daerahnya.

“Presiden Indonesia saja saat merayakan hari jadi negaranya selalu mengunjungi taman makam pahlawan. Karena siapa pun pemimpinnya walau berbeda warna dengan para pendahulunya tetap itu dilakukan,” ujarnya.

Jangan Lupa Sejarah

Hal sama juga disampaikan Ketua Kesti TTKKDH Cilegon, Halusi Hambali. Ia prihatin dengan tidak adanya ziarah ke makam Almarhum Tb Aat Syafa’at sebagai pendiri Kota Cilegon.

“Tapi saya yakin kedepan tidak terulang. Mungkin karena situasi corona makanya tidak mengajak masyarakat untuk berkerumun. Tapi kita sebagai putera Cilegon harapannya sama-sama membangunlah Jangan lupakan pendiri Kota Cilegon,” katanya.

Halusi juga menyampaikan, siapapun yang memimpin di kota baja ini jangan sampai melupakan sejarah serta tidak hanya melihat pada perbedaan warna dan pandangan politik.

Ia berharap, tradisi ziarah ke makam pendiri Cilegon pada setiap peringatan perayaan hari jadi Kota Cilegon tetap dijaga.

“Jangan sampai hilang, karena jasa-jasa beliau itu luar biasa untuk Kota Cilegon, sangat besar,” pungkasnya.

Ketua DPRD Cilegon, Isro Mi’raj mengapresiasi langkah Helldy yang membaca Fatihah untuk Alm TB Aat Syafaat dalam Sidang Paripurna. Namun ia menyayangkan Helldy tidak ziarah langsung.

“Saya apresiasi, tapi sangat disayangkan tidak ziarah. Kalau ziarah tentu akan bernilai positif bagi masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya, kepada beritakarya.co.id ketika dikonfirmasi Helldy mengaku sudah membaca Fatihah untuk almarhum.

“Tadi sudah baca alfatihah di Gedung Dewan dan rumdis,” katanya.

Penulis: Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: