Tahu Tempe Langka

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON – Sejak 31 Desember 2020 lalu tahu dan tempe langka di sejumlah pasar di Kota Cilegon....

Di Pasar Kranggot, langkanya komoditi makanan yang berbahan dasar kacang kedelai itu membuat sejumlah pedagang tutup.

Kepala Pasar Kranggot, Aceng Syarifuddin mengungkapkan saat kondisi normal ada 25 lapak pedagang yang menjajakan tahu tempe. Namun belakangan, akibat minimnya pasokan dari prajin, sejak 1 Januari 2021 lalu sebagian pedagang tutup.

“Sekitar 50 persen yang tutup, karena barangnya juga tidak ada,” ujar Aceng kepada wartawan, Minggu (3/1/2021).

Pedagang yang masih buka pun jumlah persediaan tempe tidak sesuai dengan kebutuhan pasar. Persediaan di setiap pedagang jauh lebih sedikit dibandingkan saat normal.

Diakui Aceng, kondisi tersebut membuat harga tahu dan tempe alami kenaikan dikisaran Rp1.000 untuk setiap jenis tahu dan tempe.

“Yang biasanya harga Rp5 ribu jadi Rp6 ribu,” ujar Aceng.

Hal senada diutarakan oleh Kepala Pasar Blok F, Dani Rachmat. Menurutnya, di pasar tersebut tahu tempe sempat hilang di pasaran.

“Per 31 Desember (2020) tempe dan tahu sudah gak ada. Baru hari ini (Minggu, 3 Januari 2021) ada, pembagiannya juga dijatah, jumlahnya terbatas. Biasa pesan 60 paling dikasih 20 sampai 30,” papar Dani.

Harga pun alami kenaikan yang berpariasi, bergantung dengan ukuran dan jenis dari tempe dan tahu tersebut. Menurut Dani, kenaikan harga berkisar dari Rp500 hingga Rp1.500.

Ia menilai kenaikan harga tersebut masih normal karena lonjakan tidak mencapai 100 persen. Untuk mengatisipasi lonjakan harga yang menggila, Dani mengaku pihaknya melakukan pengawasan terhadap para pedagang.

Baik Aceng dan Dani menduga kelangkaan tempe dan tahu terjadi karena persoalan bahan baku, yaitu kacang kedelai.

Informasi yang keduanya terima, kondisi kacang kedelai tengah tidak baik bagi para perajin tempe dan tahu, dimana komoditas tersebut sedang alami kelangkaan dan lonjakan harga yang tinggi.

Iffan Gondrong

Categories
Ekonomi

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: