Surat Terbuka untuk Helldy-Sanuji

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Ramainya isu jelang pelantikan Walikota-Wakil Walikota Cilegon terpilih, memantik reaksi tokoh Cilegon yang juga Akademisi Untirta, Dr Fauzi Sanusi....
Dr Fauzi Sanusi, Akademisi Untirta
Dr Fauzi Sanusi, Akademisi Untirta

Reaksi yang mencerminkan sebuah kegelisahan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Untirta Periode 2016-2019 itu kemudian disampaikan melalui surat terbuka.

Dr Fauzi Sanusi pun mengirimkan surat terbukanya ke Redaksi Beritakarya.co.id. Berikut surat terbuka yang diterima redaksi.

Minggu ini Cilegon gaduh dengan gerakan mobilisasi spanduk ucapan selamat saat pelantikan walikota baru dan wakilnya.

Hal itu makin diperkeruh dengan adanya elemen masyarakat tertentu yang “ngaku-ngaku” sebagai tim transisi membangun komunikasi dengan OPD untuk tujuan yang aneh-aneh.

Sebagai masyarakat pemerhati ekonomi dan sosial, berikut beberapa point yang ingin saya sampaikan:

1. Sebuah tim akan bekerja maksimal jika ada soliditas diantara anggotanya. Masing-masing mengetahui tugas dan kewajibannya sehingga kontribusi anggota dapat maksimal.

Jadi diperlukan legalitas formal dari walikota berupa Surat Keputusan Pengangkatan TIM Transisi, dimana di dalamnya tertuang dengan jelas target luaran dan batasan waktu yang ditetapkan berikut nama-nama anggota dan keahliannya.

2. Untuk menghindari adanya “tim siluman” yang mengaku-aku timnya Helldy, maka segera dipublish ke masyarakat melalui media sehingga masyarakat mengetahui ada tim resmi dan nama anggota dengan jelas.

3. Walikota harus konsisten dan percaya penuh kepada tim agar dapat bekerja merumuskan implementasi janji-janji kampanye yang kemudian dapat dielaborasi dengan program-program yang sudah ditetapkan dalam APBD 2021.

4. Untuk menjaga kondusifitas di internal tim itu sendiri, walikota dan wakilnya jangan bermain sendiri-sendiri, zig-zag gak karuan.

Bangun komunikasi secara intens dengan tim agar mereka merasa dihargai dan difungsikan.

Sampaikan secara jelas pokok-pokok pikiran dan bangunan konsep bagaimana mewujudkan Cilegon maju, modern dan bermartabat itu.

Dr. Fauzi Sanusi
Akademisi Untirta

Categories
Stop Press

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: