Suhu Udara Cilegon Lebih Dingin di Malam Hari, Ini Penjelasan BMKG

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Beberapa hari kebelakang, suhu di Cilegon lebih terasa dingin dari biasanya, terutama di malam hari....

Padahal, Cilegon sebagai kota industri memiliki suhu yang cenderung panas.

Menanggapi peristiwa tersebut, Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Serang Tarjono mengatakan, Cilegon masuk di zona 58 bersama wilayah Tangerang dan Serang yang saat ini telah memasuki musim kemarau pada Dasarian II di Bulan Mei.

Namun berdasarkan prakiraan musim, saat ini musim kemarau di wilayah zona 58 cenderung basah atau masih sering terjadi hujan lebat disertai angin dan petir.

“Karena sering terjadi hujan, jadi mungkin mempengaruhi suhu udara menjadi lebih dingin. Kita tahu juga di Cilegon itu panasnya bukan karena atmosfer saja, tetapi juga faktor kawasan industri,” kata Tarjono kepada wartawan, Rabu (23/6/2021).

Tarjono menjelaskan, selain suhu udara yang dingin, peristiwa munculnya kabut yang kerap menyelimuti sejumlah wilayah Cilegon, disebabkan adanya pertemuan dua suhu udara usai terjadinya hujan.

“Di mana pada saat itu, suhu permukaan tanah masih dalam kondisi hangat dan suhu udara menjadi dingin sehingga menimbulkan kabut,” jelasnya.

Tarjono mengungkapkan, meskipun kondisi udara di Kota Cilegon menjadi lebih dingin, namun hal tersebut masih dianggap wajar.

“Masih dalam tahap wajar, sebelum menyentuh nilai kurang dari 16 derajat Celcius berarti belum bisa dikatakan ekstrem,” ungkapnya.

Tarjono juga menyampaikan, fenomena kemarau basah ini juga dipengaruhi oleh iklim global.

Di mana suhu udara di permukaan laut Samudera Pasifik lebih rendah dibanding wilayah barat Indonesia sehingga beberapa wilayah di Indonesia Barat dan Indonesia Timur masih mendapatkan suplay air meskipun tidak sebesar saat fenomena La Nina pada Desember 2020 hingga Maret 2021.

“Fenomena kemarau basah ini memang dipengaruhi oleh iklim global karena terpantau suhu udara di permukaan laut Pasifik lebih dingin atau lebih rendah dibanding di wilayah barat indonesia. jadi kita mendapat suplay air dari sana,” pungkasnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: