Status Darurat Bencana Covid-19 Cilegon Naik

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Status di wilayah Kota Cilegon dari siaga darurat bencana pandemi akibat corona virus disease 2019 (Covid-19) mulai ditingkatkan....

Hal tersebut berdasark Keputusan Walikota Cilegon nomor: 360/Kep.180-BPBD/2020 tentang Keadaan Darurat Bencana Non Alam Covid-19 di wilayah Kota Cilegon, yang mulai diberlakukan tertanggal 14 April 2020.

Dengan berlakunya status tersebut, maka Keputusan Walikota nomor: 360/Kep.177-BPBD/2020 tentang Status Siaga Darurat Bencana Pandemi Akibat Covid-19 dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Kenaikan status tersebut, akibat semakin bertambahnya jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 di wilayah Kota Cilegon.

Sampai dengan 14 April 2020 pukul 16.00 WIB, di Cilegon tercatat sebanyak 404 ODP dan 282 orang diantaranya dinyatakan sembuh.

Sedangkan dari 11 PDP baru sebanyak 2 orang dinyatakan sembuh dan 7 orang meninggal dunia, sementara 2 orang lainnya masih dalam perawatan.

Walikota Cilegon, Edi Ariadi mengatakan, kenaikan status tersebut berkaitan dengan alokasi anggaran untuk penanganan Covid-19 di Cilegon.

Saat ini, kata Edi, Pemkot Cilegon telah mengalokasikan anggaran hingga 29 Mei 2020, namun jika status Kejadian Luar Biasa (KLB) akibat pandemi Covid-19 terus berlanjut, maka harus ada penghitungan ulang.

“Itu berkait kemana-mana itu. Belum saya harus menahan supaya yang PDP itu tidak naik, ODP itu tidak naik,” kata Edi saat ditemui di Kantor Walikota Cilegon, Rabu (15/4/2020).

Selain itu, Edi dengan tegas meminta kepada masyarakat Cilegon untuk mematuhi edaran dan aturan yang telah dibuat oleh pemerintah selama masa pandemi Covid-19.

Dalam upaya percepatan penanggulangan Covid-19, peran masyarakat merupakan hal paling utama dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Semua itu saya kembalikan ke masyarakat. Ulama, masyarakat, ikutin sih edaran tuh masyarakat tuh, yah kaya pake masker (kalau keluar rumah, red),” tegas Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kota Cilegon.

Zainal Mutakin

Categories
CilegonKesehatan

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: