SMP Negeri Baru di Cilegon Sepi Peminat

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri yang baru didirikan Pemkot Cilegon nampaknya sepi peminat....

SMP Negeri baru tersebut yakni SMP 12 di Kelurahan Kebon Dalem, Kecamatan Purwakarta, SMP 13 di Kelurahan Masigit, Kecamatan Jombang, SMP 14 di Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Citangkil dan SMP 15 di Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol.

Hingga hari kedua pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), belum banyak siswa yang mendaftar di keempat SMP Negeri tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Cilegon Ismatullah mengatakan, sampai dengan saat ini tercatat sekitar
49 siswa yang mendaftar di SMP 12, kemudian 80 siswa di SMP 13, lalu 49 siswa di SMP 14, dan 3 siswa di SMP 15.

Ismatullah mengungkapkan, hal tersebut disebabkan karena ketidaktahuan masyarakat dengan keberadaan SMP Negeri baru di masing-masing wilayah.

“Setelah saya pelajari, ternyata memang masyarakat Cilegon masih belum tahu adanya pembukaan SMPN baru. Maka kami sampaikan SMPN 12 letaknya di Kecamatan Purwakarta, 13 di Jombang, 14 di Taman Baru Citangkil, dan 15 di Grogol letaknya di SDN Cikuasa 2,” kata Ismatullah kepada wartawan, Selasa (22/6/2021).

Kondisi tersebut, berbeda dengan SMP Negeri yang sudah lebih dulu berdiri, yang pada hari kedua PPDB, telah menerima hingga ratusan pendaftar.

“Kalau tadi laporan kilat memang yang paling banyak itu SMPN 2 hampir 500 peserta, SMPN 1 ada 350 orang, dan SMPN 3 sudah kita cek 300 orang. Jadi diperkirakan SMPN 1 sampai 11 sudah banyak diserbu masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ismatullah menyampaikan, kelulusan siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) pada tahun ajaran 2020-2021 mencapai 7.660 siswa, sedangkan daya tampung SMP Negeri di Cilegon hanya sekitar 3.140 siswa.

Dengan kapasitas itu, Ismatullah menyarankan masyarakat bisa mendaftarkan anaknya ke sekolah swasta lainnya.

“Ini menunjukkan bahwa kita juga memikirkan sekolah-sekolah yang sudah tumbuh dan berkembang di Kota Cilegon. Apakah itu swasta atau MTS Negeri atau Swasta sehingga kita juga memamahi bahwa Dinas Pendidikan Kota Cilegon menerima sesuai batas kelas yang kami miliki,” pungkasnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Pendidikan

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: