Skema Penyaluran BOS Berubah, Ini Tanggapan Dindik Cilegon

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Keuangan, Kemendagri, dan Kemendikbud resmi merombak skema penyaluran dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang mulai diterapkan pada 10 Februari 2020....
Kepala Dindik Cilegon, Ismatullah saat wawancara dengan awak media/Beritakarya.co.id

Perubahan skema tersebut, tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 9 Tahun 2020 tentang perubahan atas PMK Nomor 48 tahun 2019 tentang pengelolaan DAK Non Fisik. Yakni penyaluran dana BOS langsung ke sekolah sesuai ketentuan yang berlaku, percepatan tahap penyaluran, dan penyederhanaan administrasi pelaporan.

Menanggapi perubahan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon, Ismatullah merasa khawatir dengan laporan yang nantinya akan dibuat langsung oleh pihak sekolah, lantaran SDM yang dimiliki untuk pengurusan administrasi di sekolah masih minim.

“Kalau (penyaluran dana BOS, red) langsung ke sekolah, berarti kan kepala sekolah leadernya, sementara kalau SMP masih mungkin yah karena SDM nya ada, kalau SD ini kan bermacam-macam, khawatir (dalam pembuatan laporan penggunaan dana BOS, red), saya sudah sampaikan kekhawatiran saya apabila langsung ke sekolah, pengawasan kita (Dindik) harus tetap,” kata Ismatullah saat ditemui disela kegiatannya, Senin (17/2/2020).

Selain kekhawatiran terhadap administrasi penggunaan anggaran BOS, Ismatullah juga mengatakan, pihaknya masih belum mengetahui bagaimana pertanggungjawaban Dindik dan Pemkot Cilegon atas anggaran BOS yang nantinya digunakan oleh sekolah-sekolah yang ada di Kota Cilegon.

“Jadi wacana yang dikirim langsung ke sekolah, ini juga mengubah suatu pola. Saya lagi bertanya-tanya, bagaimana nantinya tanggungjawab Dindik, pemerintah (Pemkot Cilegon), tentang uang tersebut (dana BOS), ketika diperiksa oleh inspektorat, BPK,” ujarnya.

Ismatullah mengaku sampai saat ini pihak Dindik belum tahu terkait petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis penyaluran dan pelaporan penggunaan dana BOS, lantaran belum adanya rapat kordinasi dengan Kemendikbud RI.

“Kita akan coba sharing dulu, apakah itu sudah menjadi sebuah ukuran,” tuturnya.

Namun demikian, Ismatullah mengatakan pihak Dindik dan Pemkot Cilegon siap melaksanakan kebijakan yang diberikan oleh pemerintah pusat dalam pelaksanaan penyaluran dana BOS.

“Pernyataannya resmi, tapi rapat kordinasinya belum. Kita siap saja mengamankan kebijakan pusat, dengan mekanisme nanti kita jadikan sekolah untuk pembinaan yang dimaksud,” ujarnya.

Zainal Mutakin

Categories
Pendidikan

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: