Sinergi Jaga Kamtibmas, Kapolres Minta Ronda Siskamling Aktif

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono meminta masyarakat untuk mengaktifkan kembali Ronda Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling)....

Hal itu sebagai upaya dalam menekan angka kejahatan di lingkungan saat Ramadhan dan menjelang perayaan Idul Fitri.

“Sebagaimana yang telah di programkan oleh pak Kapolda kita yaitu “Pendekar Banten”. Dua belas program itu salah satunya adalah Ronda Siskamling,” kata AKBP Sigit kepada wartawan, Kamis (22/4/2021).

Di sisi lain, Kapolres mengungkapkan menuturkan, Polres Cilegon telah membentuk satu peleton Tim Jawara yang berjumlah dua puluh lima orang yang bertugas untuk melayani dan menjaga warga.

“Ini bagian dari program Bhabinkamtibmas. Sebelumnya pun kami sudah sering patroli. Fungsinya Tim Jawara ini kan sesuai namanya “Jawara” kepanjangannya adalah Jaga Warga,” tuturnya.

Dengan jumlah personel yang terbatas, Kapolres mengatakan, pihaknya perlu bantuan dari masyarakat sebagai mitra dari Tim Jawara untuk bekerja sama dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.

“Sekali lagi kami hanya dua puluh lima orang ditambah patroli dari Polsek, kita gak mungkin setiap detik menunggui di satu tempat. Jadi ketika ada informasi dari masyarakat kepada kami, mungkin ada gangguan keamanan, ada tawuran, balap liar, minuman keras atau apapun itu yang menjadi keluhan, Tim Jawara yang akan datang duluan. Siaga 24 jam,” ungkapnya.

Dengan adanya Tim Jawara dan Ronda Siskamling yang aktif, Kapolres berharap terciptanya kondisi Cilegon yang kondusif dari segala tindak kejahatan dan pelanggaran.

“Harapan kami, Kota Cilegon, warga Cilegon bisa melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadhan dengan tenang, khidmat tanpa gangguan keamanan,” pungkasnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Hukum & Kriminal

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: