Seminggu ke Depan Satlantas Akan Razia Knalpot Brong

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Dalam waktu satu minggu kedepan, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cilegon akan merazia kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot brong....

Kasat Lantas Polres Cilegon AKP Yusuf Dwi Atmodjo mengatakan, razia sepeda motor yang menggunakan knalpot yang tidak sesuai standar tersebut, berdasarkan banyaknya keluhan masyarakat yang tidak nyaman dengan suara bising yang ditimbulkan kendaraan.

“Jadi kita razia kali ini di jalan, menjawab keluhan dari masyarakat. Jadi berisiknya mengganggu masyarakat sekitar, karena itulah kita melakukan kegiatan ini. Kita khususkan operasi kali ini ya sepeda motor yang knalpotnya brong,” kata AKP Yusuf kepada wartawan, Kamis (12/8/2021).

Kasat Lantas menuturkan, operasi tersebut akan dilaksanakan selama satu minggu ke depan di wilayah hukum Polres Cilegon.

“Rencana seminggu ke depan kegitan ini dilaksanakan, semoga seminggu kedepan juga bisa berkurang,” tuturnya.

AKP Yusuf mengungkapkan, bagi kendaraan roda dua yang kedapatan menggunakan knalpot brong, akan diberi sanksi berupa tilang, serta mencopot dan mengganti knalpot sesuai standar yang berlalu.

“Sanksi pertama kita tilang sesuai dengan UU Lalu Lintas Pasal 285, dimana junctonya ialah di Pasal 106 UU Lalu Lintas tahun 2009. Kendaraan yang tidak sesuai teknis dan kelayakan jalan,
salah satunya ialah knalpot,” ujarnya.

Untuk itu, AKP Yusuf mengimbau kepada masyarakat selalu mematuhi aturan berkendara agar tidak mengganggu orang sekitar maupun pengendara lainnya.

“Imbauannya, yang pertama tetap patuhi protokol kesehatan karena kita masih PPKM Level 3 dan 4. Kemudian mari patuhi aturan berkendara. Karena dijalan bukan milik satu atau dua orang tapi milik bersama,” pungkasnya.

Penulis: Zainal Mutakin

Categories
Hukum & Kriminal

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: