Satpol PP Musnahkan Ribuan Miras di Hari Jadi Kota Cilegon

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Pemkot Cilegon, melalui Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Cilegon musnaskah sebanyak 2.955 botol minuman keras (miras) berbagai merek....

Ribuan miras yang merupakan hasil sitaan dari berbagai tempat hiburan malam dan lapak jamu di Cilegon tersebut dimusnahkan tepat dengan perayaan hari jadi Kota Cilegon ke-22.

Pemusnahan barang bukti miras hasil sitaan yang dilaksanakan di halaman Pemkot Cilegon itu disaksikan langsung oleh Walikota Cilegon, Helldy Agustian dan Wakil Walikota Cilegon, Sanuji Pentamarta beserta jajaran Forkopimda Cilegon, Selasa (27/4/2021).

Kepala Dinas Satpol PP Cilegon, Juhadi M. Syukur mengatakan, pemusnahan barang bukti miras tersebut sebagai bentuk penegakan Peraturan Daerah (Perda) Kota Cilegon Nomor 5 tahun 2001 tentang Pelanggaran Kesusilaan, Minuman Keras, Perjudian, Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya.

“Karena ada Perda Insya Allah kita laksanakan terus sesuai dengan aturan,” katanya.

Juhadi mengatakan, ribuan miras berbagai jenis tersebut merupakan hasil operasi penyakit masyarakat yang dilaksanakan mulai pertengahan 2020 hingga Januari 2021.

Sementara, terkait dengan penindakan terhadap penjual miras tersebut, Juhadi menyebutkan pihaknya hanya melakukan tindakan persuasif.

Namun demikian, ungkap Juhadi, Dinas Satpol PP Cilegon memberikan teguran, tindakan dengan menyita barang bukti miras, serat menutup tempat usaha.

“Untuk sementara ini, kita persuasif, dialogis, belum ada sanksi tipiring (tindakan pidana ringan). Karena Covid-19 ini kita engga bisa menindak lanjuti ke pengadilan karena kondisi pandemi,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Walikota Cilegon, Helldy Agustian menegaskan, pihaknya telah berkordinasi dengan Polres Cilegon untuk menegakkan peraturan daerah agar Kota Cilegon bersih dari peredaran minuman beralkohol.

“Jadi tadi kita juga sudah kordinasi dengan Kapolres, artinya di Cilegon ini harus zero alkohol,” pungkasnya.

Penulis: Zainal Mutakin

Categories
Hukum & Kriminal

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: