Sampah Organik di Cilegon Akan Disulap Jadi Bahan Bakar Pembangkit Listrik

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Pemkot Cilegon dan PT Indonesia Power (IP) tandatangani kesepakatan bersama terkait penelitian dan pengembangan teknologi pengelolaan sampah....

Keduanya menyepakati penelitian dan pengembangan teknologi pengelolaan sampah menjadi bahan bakar jumputan padat untuk confiring pembangkit listrik tenaga uap melalui zoom meeting di Ruang Rapat Wali Kota Cilegon, Rabu (25/8/2021).

Walikota Cilegon Helldy Agustian memberikan apresiasi atas langkah perusahaan pembangkit tenaga listrik yang sudah melakukan terobosan dalam penanganan sampah di Cilegon.

“Saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada PT Indonesia Power atas langkah terobosan yang sangat cemerlang dalam penanganan permasalahan lingkungan di Kota Cilegon,” katanya.

Helldy mengungkapkan permasalahan sampah bisa menjadi masalah yang serius menyangkut sosial, ekonomi dan budaya. Dimana menurut dia, rata-rata sampah yang dihasilkan setiap hari kurang lebih sebanyak 1.300 meter kubik dan semakin bertambah.

Dengan adanya penelitian dan pengembangan teknologi pengelola sampah itu, Helldy berharap kesadaran masyarakat Cilegon dalam memilah dan memilih sampah akan meningkat.

“Oleh karena itu dengan pengelolaan sampah menjadi bahan bakar jumputan padat ini diharapkan bisa menjadi solusi untuk Pemerintah Kota Cilegon,” ujarnya.

Menurut Helldy, program pemanfaatan sampah organik menjadi bahan bakar jumputan padat tersebut juga akan berdampak positif pada pengembangan ekonomi kerakyatan, karena melibatkan partisipasi masyarakat secara aktif dalam pelaksanaannya.

“Semoga melalui kerjasama ini pula dapat meningkatkan pemberdayaan masyarakat kota Cilegon dalam industri pengelolaan sampah yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat itu sendiri,” tuturnya.

Untuk itu, Helldy berharap kerjasama dengan PT Indonesia Power tersebut dapat ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama yang lebih terperinci.

“Dinas Lingkungan Hidup sebagai leading sector agar dapat memfasilitasi segala kebutuhan penelitian sehingga diharapkan pada akhirnya nanti dapat diproduksi bahan bakar jumputan padat yang berkualitas dan masuk kualifikasi sebagai substitusi batubara di PT. Indonesia Power,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Cilegon Didi Sukriadi mengatakan, setelah kesepakatan kerjasama tersebut, Pemkot akan mendapatkan dua unit mesin pengelola sampah dari PT Indonesia Power.

Pihaknya akan segera mempersiapkan tempat serta fasilitas yang dibutuhkan untuk penelitian dan pengembangan teknologi pengelolaan sampah tersebut.

“Jenis sampahnya itu sampah rumah tangga, yang bisa didaur ulang. Jadi kita akan mempersiapkan tempat dan fasilitasnya,” pungkasnya.

Penulis: Zainal Mutakin

Categories
CilegonIndustri

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: