RSUD Cilegon Layani Vaksin Covid-19 Untuk Remaja, Ini Syaratnya

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilegon menggelar vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 12-17 tahun....

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Cilegon Ujang Iing mengatakan, vaksinasi untuk anak tersebut dilakukan setelah keluarnya izin penggunaan darurat Emergency Use Authorization (EUA) oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), serta adanya rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional atau Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Sebelum dilakukan vaksinasi tersebut, setiap anak akan menjalani tes screening dan setelahnya akan dilakukan observasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Ujang Iing menuturkan, RSUD Cilegon mendapat kuota sebanyak 200 dosis vaksin Covid-19 jenis Sinovac dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilegon.

“Kita dapat 200 dosis untuk vaksin anak-anak dan pelaksanaannya sampai besok di RSUD,” katanya kepada Beritakarya.co.id melalui sambungan telepon, Rabu (8/7/2021).

Untuk persyaratan dan cara mendaftar vaksinasi itu, lanjut Ujang, hanya perlu membawa dokumen yang mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) anak dan dilakukan secara online.

“Persyaratannya KTP Cilegon atau bawa Kartu Keluarga dan mendaftar melalui online dibit.ly/vaksincovid19rsudcilegon. Setelah mendaftar nanti tunggu SMS selanjutnya,” ujarnya.

Terpisah, Plt Kepala Dinkes Cilegon Dana Sujaksani menyampaikan, vaksinasi untuk remaja itu tidak berbeda dengan yang dilakukan terhadap orang dewasa.

“Vaksinnya sama seperti untuk yang dewasa, jenisnya Sinovac,” ujar Dana.

Namun, menurut Dana saat ini vaksinasi terhadap anak belum menjadi prioritas di Cilegon. Hal itu dipicu lantaran kuota vaksin yang dimiliki Pemkot Cilegon baru untuk orang dewasa.

“Untuk target belum ada, karena harus lihat di Disdukcapil dulu. Tapi kalau ada yang mendaftar ya tetap kita layani,” pungkasnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Kesehatan

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: