RPJMD Cilegon Disahkan, DPRD Beri Catatan

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Cilegon 2021-2026 telah disetujui DPRD....

Namun, DPRD Cilegon memberikan catatan atas persetujuan penetapan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi Perda tentang RPJMD Cilegon 2021-2026 tersebut.

Ketua DPRD Cilegon Isro Miraj mengatakan, Panitia Khusus (Pansus) memberikan 10 rekomendasi yang harus dicatat dan diakomodir dalam pelaksanaan RPJMD pasangan Helldy Agustian dan Sanuji Pentamarta tersebut.

“Bagaimana 10 rekomendasi Pansus itu menjadi bagian penting yang harus diakomodir oleh eksekutif,” kata Isro usai Rapat Paripurna Persetujuan Penetapan Raperda menjadi Perda tentang RPJMD Cilegon tahun 2021-2026 di Gedung DPRD, Senin (9/8/2021).

Isro menuturkan, paripurna yang dihujani intrupsi dari Anggota DPRD tersebut, akhirnya dapat disetujui dengan 10 rekomendasi yang nantinya akan menjadi prioritas pada rencana strategis (Renstra) dalam pelaksanaan program yang tertuang dalam RPJMD pada masing-masing OPD terkait.

“Aspirasi mereka tentu menjadi bagian penting yang harus ditindaklanjuti oleh Kepala Daerah, terutama terkait dengan apa yang disampaikan pada saat paripurna tadi,” tutur Politis Partai Golkar itu.

Dimana, diantara 10 rekomendasi tersebut diantaranya yakni terkait penyerapan tenaga kerja, pembangunan Jalan Lingkar Utara (JLU), serta pembangunan sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan.

“Nanti rekomendasi dari Pansus tersebut akan kita kawal, agar bagaimana rekomendasi itu tidak hanya menjadi bagian seremoni atau nota kesepahaman yang mudah diabaikan,” ujarnya.

Ketua Pansus pembahasan Raperda RPJMD Cilegon Rahmatullah mengatakan, rekomendasi yang disampaikan sebagai catatan DPRD tersebut merupakan aspirasi dari masyarakat dalam pembangunan daerah.

“Saya sebagai Pimpinan Pansus harus bisa mengakomodir semua keinginan Anggota Pansus yang berbasis memperjuangkan aspirasi masyarakat, agar rencana pembangunan menengah daerah 5 tahun ini menjadi sempurna,” katanya.

Politisi Partai Demokrat itu juga menuturkan, DPRD akan mengawal rekomendasi tersebut dalam pelaksanaan RPJMD Helldy-Sanuji tersebut.

“Tetapi kesempurnaan dokumen (RPJMD) ini tidak jauh lebih penting dari pada teknis pelaksanaanya nanti. Kalau pelaksanaannya kurang bagus, yah sama saja bohong,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Cilegon Helldy Agustian mengatakan, setelah diputuskan dan disetujui, RPJMD tersebut nanti akan menjadi lembar negara untuk segera diajukan kepada Gubernur Banten.

“Kita kan sudah mengakomodir beberapa masukannya yang akan menjadi catatan bagi kami, agar supaya itu bisa direalisasikan,” pungkasnya.

Penulis: Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: