Ribuan Petugas PPS dan KPPS di Rapid Test

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Dinkes bersama KPU adakan screening (penyaringan) awal Covid-19 melalui rapid test kepada seluruh panitia penyelenggara pemilu....

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menekan terjadinya penularan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Rapid test akan dilakukan kepada sebanyak 258 Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan 7.056 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang bertugas pada Pilkada Cilegon 2020.

“Pilkada ini, harus Pilkada yang sehat. Jadi harus menekan sekecil mungkin, kemungkinan terjadinya penularan di Tempat Pemungutan Suara,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilegon, Dana Sujaksani kepada wartawan, Jum’at (27/11/2020).

Dana mengatakan, rapid test sendiri dilaksanakan mulai 26 November – 2 Desember 2020. Dimana Dinkes menerjunkan petugas medis sebanyak 135 tim.

“Setiap tim terdiri dari 2 orang, jadi kita menerjunkan 270 orang, kita atur jadwalnya, sehingga selama 7 hari ini semuanya selesai,” ujarnya.

“Ketika nanti ditemukan ada petugas yang reaktif, maka KPU punya kesempatan untuk mengganti orang, sehingga tidak mengganggu jumlah pada waktunya nanti,” tuturnya.

Dana menjelaskan, secara teknis Dinkes hanya menerjunkan tenaga medis saja, sementara untuk alat rapid maupun logistik lainnya telah disediakan oleh KPU.

Dimana pelaksanaan rapid tes akan dilakukan disetiap kelurahan sesuai dengan jumlah TPS.

“Kita clearkan para petugasnya, termasuk nanti pada hari H (pencoblosan) di TPS kita akan terjunkan tenaga kesehatan,” ujarnya.

Masih kata Dana, pada saat pelaksanaan pencoblosan di 9 Desember mendatang, Dinkes akan melakukan pemetaan setiap kelurahan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Dana mengatakan, untuk kelurahan yang masuk dalam zona merah dan terjadi banyak kasus, maka Dinkes Cilegon menerjunkan petugas medis.

“Tapi kalau yang memang aman, kita hanya mobile keliling. Kalau di dalam TPS itu ranahnya KPPS untuk menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Zainal Mutakin

Categories
Politik

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: