Ribuan Guru Belum Jadi Anggota Koperasi Pemkot Cilegon

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Ribuan guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkot Cilegon belum terdaftar sebagai anggota koperasi pegawai milik Pemkot Cilegon....

Ketua Koperasi Karya Praja Sejahtera (KPS), Didin S. Maulana mengatakan, sebanyak 2.000 lebih guru yang berstatus PNS belum turut serta menjadi anggota di KPS.

“Yang banyak itu Guru-guru PNS yang belum masuk anggota Koperasi,” kata Didin usai Rapat Anggota Tahunan (RAT) KPS tahun buku 2020 di salah satu hotel di Cilegon, Kamis (29/4/2021).

Didin mengungkapkan, banyaknya guru yang belum menjadi anggota KPS lantaran profesi guru telah memiliki koperasi tersendiri.

“Salah satu penyebab koperasi belum optimal karena dari jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) itu kan ada 5.000-an ya, yang jadi anggota itu hanya 2.000-an selainnya Non PNS 1.600,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Cilegon, Helldy Agustian mengatakan, kurangnya minat dan partisipasi ASN untuk bergabung di KPS dikarenakan hingga saat ini koperasi baru memiliki dua bidang usaha.

“Koperasi ini masih simpan pinjam dan satu toko jadi harus dikembangkan lagi. 90 persen masih simpan pinjam, 10 persennya masih usaha. Kita pengen usahanya dimaksimalkan,” tuturnya.

Untuk itu, Helldy memberikan usulan kepada koperasi pegawai pemerintah untuk menciptakan produk unggulan koperasi.

“Karena marketnya sudah ada, tinggal produk apa yang bisa disajikan untuk market itu. Nanti kita sampling, umpamanya air mineral dan yang lainnya,” pungkasnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: