Ribka Tjiptaning Orang Pertama yang Nolak Vaksin Sinovac

BERITAKARYA.CO.ID, JAKARTA - Anggota DPR Komisi IX Fraksi PDI-Perjuangan, Ribka Tjiptaning membuat sejumlah pernyataan kontroversial dalam Rapat Kerja Komisi IX, Selasa (12/1/2021)....
Ribka Tjiptaning/Foto Repro/NET
Ribka Tjiptaning/Foto Repro/NET

Dalam rapat yang dihadiri Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, Kepala BPOM, Penny Lukito, dan Direktur PT Bio Farma, Honesti Basyir itu, Ribka secara terang-terangan menolak untuk divaksin covid-19.

Dilansir dari cnnindonesia.com, Ribka bahkan lebih memilih membayar denda ketimbang harus disuntik vaksin covid-19.

“Kalau persoalan vaksin saya tetap tidak mau divaksin. Misalnya hidup di DKI Jakarta semua anak cucu saya dapat sanksi Rp5 juta mending saya bayar,” tandasnya.

Ribka tampaknya masih meragukan vaksin covid-19. Terlebih berdasarkan pengalaman pemberian sejumlah vaksin sebelumnya justru membuat orang lumpuh hingga meninggal dunia.

Ia mencontohkan misalnya vaksin antipolio yang malah membuat sejumlah orang lumpuh di Sukabumi, dan vaksin kaki gajah yang menyebabkan 12 orang meninggal dunia di Majalaya.

“Saya yang pertama menolak vaksin. Kalau dipaksa (itu) pelanggaran HAM, tidak boleh memaksa begitu,” imbuhnya.

Kemenkes Lakukan Pendekatan ke Ribka

Pada bagian lain, pihak Kemenkes bakal melakukan upaya persuasif kepada Ribka Tjiptaning yang secara terang-terangan menolak penyuntikan vaksin Covid-19.

Kemenkes sekaligus meminta kepada para pejabat pemerintah untuk ikut mendukung upaya pemerintah dalam program vaksinasi sebagai salah satu upaya keluar dari pandemi.

“Kita akan persuasif dengan beliau, karena tokoh yang lain juga banyak yang mendukung,” kata Plt DirjenbPencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Kemenkes, Budi Hidayat seperti dilansir cnnndonesia.com, Rabu (13/1/2021).

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito juga meminta agar para pejabat publik mendukung pelaksanaan vaksinasi.

Ia mengajak agar seluruh masyarakat Indonesia tidak ragu lagi terhadap keamanan vaksin Covid-19 yang akan diberikan pemerintah secara gratis.

Wiku mengingatkan vaksin Sinovac sudah mengantongi izin penggunaan darurat (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Presiden Joko Widodo dan Menteri Kabinet Indonesia Maju juga telah menjadi daftar pertama menerima suntikan vaksin Sinovac pada hari ini.

Uploader: Iffan Gondrong

Sumber: https://m.cnnindonesia.com/nasional/20210113074635-32-592938/ribka-tjiptaning-orang-pertama-menolak-vaksin-di-indonesia.

Categories
Stop Press

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: