Ratusan WNA Tinggal di Cilegon, Warga Korsel Terbanyak

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Sebagai kota industri, banyak warga baik domestik maupun mancanegara yang datang dan tinggal sementara di Cilegon....

Hingga saat ini tercatat sebanyak 423 Warga Negara Asing (WNA) tinggal sementara di Cilegon.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DKCS) Cilegon Hayati Nufus mengatakan, jumlah tersebut tercatat mulai dari 1 Januari – 12 Agustus 2021.

“WNA asal Korea Selatan (Korsel) yang jumlahnya paling banyak yaitu 161 orang. Kemudian disusul WNA asal Jepang sebanyak 103 orang, dan WNA asal China sebanyak 76 orang,” katanya saat dikonfirmasi, Jum’at (13/8/2021).

Sementara untuk WNA asal Jerman sebanyak 27 orang, India 12 orang, Italia 7 orang, Turki dan Malaysia masing-masing 4 orang, sedangkan WNA asal Filipina, Perancis dan Rusia masing-masing ada 3 orang.

Selain itu, ada WNA asal Amerika Serikat Australia, Meksiko, Polandia dan Singapura masing-masing 2 orang, dan paling sedikit WNA Asal Argentina, Austria, Belanda, Belgia, Inggris, Republik Korea, Selandia Baru, Swiss, Thailand dan Uzbekistan masing-masing 1 orang.

Nufus menuturkan, WNA yang tinggal di Cilegon tersebut telah mengantongi Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT) yang dikeluarkan oleh DKCS Cilegon.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan, pelayanan pembuatan dokumen SKTT untuk WNA tidak ada kendala dan masih tetap berlangsung selama pandemi Covid-19.

“Yang bikin SKTT (selama masa pandemi) masih biasa (tidak menurun). Pembuatannya kita layani secara online, tidak susah. Kalau WNA itu tinggalnya sementara, kita keluarkan SKTTnya,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Cilegon Suparman menuturkan, ratusan WNA yang tinggal di Cilegon sesuai yang tercatat di DKCS tersebut seluruhnya untuk urusan pekerjaan.

“Mereka kerja dan tersebar di seluruh perusahaan yang ada di Cilegon,” ujar Suparman melalui sambungan telepon.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
CilegonIndustri

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: