Ratu Ati Beri Intruksi: Waspadai Virus Corona

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Mewabahnya virus Corona di daratan China membuat berbagai pihak di dunia termasuk di Indonesia mulai bersikap waspada....

Wakil Walikota Cilegon, Ratu Ati Marliati pun angkat bicara. Ia mengintruksikan dinas terkait untuk melakukan langkah antisipasi, salah satunya melakukan pemeriksaan terhadap tenaga kerja asing asal China yang bekerja di Kota Cilegon.

“Dinas terkait perlu mengantisipasi keberadaan TKA asal China yang kerja di Kota Cilegon. Mudah-mudahan di Cilegon tidak ada yang terserang virus Corona tersebut,” kata Ati ditemui usai kegiatan Rapat Kerja Pengawas Sekolah Dindik Kota Cilegon 2020 di Aula DPRD Cilegon, Selasa (28/1/2020).

Ia mengimbau warga Cilegon untuk tetap menjaga pola hidup sehat agar terhindar daro Virus Corona yang sangat mematikan tersebut.

“Biasakan menjalankan pola hidup sehat serta makan makanan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jika menemukan indikasi gangguan pernafasan, batuk, demam dan sesak nafas segera periksa ke rumah sakit terdekat,” ujarnya.

Meski begitu, Ratu Ati yang juga calon Walikota Cilegon itu meminta agar masyarakat tidak resah terkait penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, China itu.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon pun bertindak cepat dengan mengeluarkan edaran ke seluruh layanan kesehatan yang ada di Cilegon untuk waspada.

Hal tersebut, diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon, dr Arriadna, Selasa (28/1/2020).

“Hari ini saya membuat surat kepada semua layanan kesehatan baik Puskesmas atau klinik dan semua Rumah Sakit. Saya membuat surat terkait kewaspadaan terhadap Corona Virus. Kita buatkan protapnya sehingga mereka tahu langkah – langkah apa yang harus dilakukan jika menemukan pasien yang ternyata dari anamesenya itu dia habis berpergian ke daerah terpapar Corona Virus,” ungkapnya.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk kewaspadaan dini Pemkot Cilegon dalam upaya mengantisipasi virus mematikan itu.

“Kami juga akan bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan, karena mereka yang mempunyai kewenangan untuk karantina bagi siapapun yang masuk ke negara kita,” jelasnya.

Ua mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan atau daya tahan tubuh dan lapor ke Puskesmas atau klinik terdekat jika ada gejala yang menunjukkan terkena Virus Corona.

“Masyarakat harus tetap menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang virus. Sesudah beraktivitas, biasakan selalu cuci tangan. Jika sedang batuk atau agar terhindar dari batuk, selalu gunakan masker, lalu melaporkan jika ada masyarakat yang terpapar Corona Virus,” pungkasnya.

Zainal Mutakin/Baehaki

Categories
Kesehatan

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: