Rapid Antigen di Lapas Cilegon, 11 Napi Reaktif

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cilegon lakukan rapid antigen secara mandiri kepada petugas dan penghuni Lapas pada Jumat, 1 Januari 2021 lalu....

Hal itu dilakukan sebagai langkah dan antisipasi melihat perkembangan Covid-19 yang tak kunjung menurun.

Satuan tugas (Satgas) Covid-19 Lapas Cilegon, Zulkarnain mengatakan, rapid antigen tersebut dilakukan kepada 50 orang yang terdiri dari 30 warga binaan permasyarakatan (WBP) atau nara pidana (napi) dan 20 petugas Lapas.

“Terkonfirmasi atau reaktif napi 11 orang dan petugas nihil,” kata Zulkarnain dikonfirmasi wartawan, Senin (4/1/2021).

Zulkarnain menuturkan, dari hasil tersebut tidak ada napi yang terkonfirmasi menunjukkan gejala yang menonjol.

“Dari yang reaktif, kita lakukan isolasi mandiri di gedung B, blok khusus, agar lebih mudah terpantau dan mendapatkan atensi khusus dari petugas,” tuturnya.

Ketua Pencegahan dan Penanggulanan Covid-19 Lapas Cilegon itu mengaku, pihaknya telah melakukan pencegahan dini sesuai dengan aturan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Zulkarnain mengungkapkan, jika ada informasi yang tersebar luas di luar yang mengatasnamakan Satgas Covid-19 Lapas Cilegon, hal itu tidak benar dan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Ada 2 orang petugas yang dinyatakan reaktif, itu sudah 2 minggu lalu di istrahatkan, agar bisa menjaga imunitas dan mengontrol diri sendiri atau isolasi mandiri,” ujarnya.

Selain itu, Zulkarnain juga mengatakan, kunjungan tatap langsung atau yang juga disebut kunjungan drive thru untuk sementara ditutup sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan.

“Untuk memudahkan komunikasi antara keluarga dengan WBP, kami terus membuka kunjungan online dan kunjungan online khusus edukasi,” pungkasnya.

Zainal Mutakin

Categories
Stop Press

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: