Purwakarta Dorong Jiwa Wirausaha Melalui Pelatihan

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Kelurahan Purwakarta gandeng Disnakertrans Banten dan Disnaker Cilegon adakan pelatihan dan pemagangan untuk masyarakat....
Pelatihan di Kelurahan Purwakarta
Lurah Purwakarta, Deni Sumantri, saat berikan sambutan pembukaan pelatihan sablon untuk masyarakat

Kali ini, Kelurahan Purwakarta, Kota Cilegon adakan pelatihan sablon yang diikuti oleh 16 peserta yang terdiri dari masyarakat setempat.

Lurah Purwakarta, Deni Sumantri mengatakan, pelatihan tersebut untuk mendorong jiwa wirausaha masyarakat.

“Kita adakan pelatihan ini supaya masyarakat di Purwakarta ini bisa berwirausaha, bisa membangun usaha mandiri,” kata Deni saat ditemui usai pelatihan sablon di Aula Kelurahan Purwakarta, Selasa (10/3/2020).

Melalui pelatihan tersebut, lanjut Deni, diharapkan masyarakat di Kelurahan Purwakarta dapat menciptakan lapangan kerja yang mandiri.

“Harapan kami kedepannya masyarakat ini bisa mandiri, bisa membangun usaha sendiri. Kalau sudah punya usaha sendiri kan bisa menyerap tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat (PM) dan Kesejahteraan Sosial (Kesos) Kelurahan Purwakarta, Yudana mengatakan, selama tiga hari kedepan, masyarakat yang mengikuti pelatihan akan diberikan pembekalan tentang sablon.

“Jadi pelatihan itu dilaksanakan tiap tahun, bukan hanya pelatihan sablon saja, pelatihan las dan pelatihan UMKM juga kita laksanakan, sesuai dengan kebutuhan di masyarakat,” katanya.

Yuda berharap, dengan rutin mengadakan pelatihan, dapat melahirkan wirausaha baru di Kelurahan Purwakarta.

“Disini kita juga menggandeng komunitas sablon dari Banten dan Cilegon, untuk berbagi ilmu dan pengalaman kepada peserta. Harapannya setelah pelatihan ini, dapat lahir wirausaha-wirausaha baru di Purwakarta,” tandasnya.

Usaha sablon yang masuk dalam kelas ekonomi kreatif merupakan jenis usaha yang bisa dilakukan siapa saja. Karenanya, pelatihan sablon yang dilakukan Kelurahan Purwakarta perlu diapresiasi.

Setelah pelatihan, diharapkan masyarakat yang mengikuti kegiatan bisa memulai usaha secara mandiri, sehingga akan berdampak secara ekonomi.

Tentu saja pembinaan harus dilakukan secara berkelanjutan, agar apa yang menjadi target pihak Kelurahan Purwakarta dapat tercapai.

Zainal Mutakin

Categories
CilegonEkonomi

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: