Proses Tahapan Pilkada Cilegon Dimulai

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon melaunching proses tahapan Pilkada 2020 di Royale Krakatau, Kamis (5/12/2019) pagi tadi.

Ketua KPU Cilegon, Irfan Alfi kepada wartawan mengatakan,  dengan dimulainya launching itu maka tahapan Pilkada 2020 sudah mulai masuk proses maka proses tahapan Pilkada 2020 sudah dimulai masuk pada tahapan pelaksanaan.

“Januari kita sudah mulai membentuk Ad-hoc. 19 sampai 23 Februari itu masa penyerahan syarat minimal dukungan. Ini penting untuk calon independen atau perseorangan,” kata Irfan Alfi.

Sebab, lanjut Irfan Alfi, ada perubahan jadwal tahapan dari PKPU 15 ke PKPU 16.

“Semula tanggal 11 Desember sampai 5 Maret 2020, sekarang menjadi 19 hingga 23 Februari 2020. Ini penting. Mereka (calon independen, red) harus bersiap-siap,” imbuhnya.

Ia berharap launching tahapan Pilkada 2020 itu menjadi momentum awal agar masyarakat bisa terlibat secara aktif dalam pelaksanaan pemilihan walikota dan wakil walikota.

“Keterlibatan masyarakat bukan hanya konteksnya di TPS, tetapi terlibat dalam proses,” tambahnya.

Keterlibatan masyarakat, lanjut Irfan, menjadi parameter proses demokrasi. “Parameter demokrasi kita bukan hanya di TPS tetapi keterlibatan dalam proses,” tandasnya.

Ketika disinggung tentang target partisipasi pemilih, Irfan berharap Pilkada 2020 mendatang bisa mencapai 75 persen.

“Kalau melihat 2015 lalu tingkat partisipasinya 63 persen, maka di 2020 ini kami berharap bisa 75 persen,” kata dia.

Ditempat yang sama, Anggota KPU RI, Mas Pramono berharap pilkada di Cilegon dan pilkada di Banten secara umum semakin berkualitas.

“Beberapa hal yang harus diwaspadai adalah politik uang, dimana hal itu masih sangat marak di Banten. Hal lainnya adalah hoax yang juga masih tinggi,” kata dia.

Selain itu, lanjut Mas Pramono, politisi birokrasi dan keberpihakan ASN juga masih menjadi perhatian.

“Kita tahu bahwa itu kan masalah-masalah yang kita punya, yang tentu saja harus mendapat perhatian dari semua pihak,” pungkasnya.

Iffan Gondrong

Categories
Politik

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: