Press Tour, PWI Banten Apresiasi Inovasi Kampus Kehidupan Kanwil Kumham Banten

BERITAKARYA.CO.ID, SERANG - Kanwil Kemenkumham Banten adakan Press Tour 2020 dengan mengajak wartawan melihat secara langsung berbagai kegiatan dan aktivitas warga binaan permasyarakat (WBP)....

Melalui Divisi Permasyarakat, Kanwil Kemenkumham Banten ajak wartawan ke lapas-lapas yang berada di wilayah Tangerang, Rabu (2/9/2020).

Kepala Kanwil Kemenkumham Banten, R. Andika Dwi Prasetya mengatakan kegiatan Press Tour 2020 tersebut merupakan bentuk sinergitas dengan media.

“Kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas kita dari Kementerian Hukum dan HAM Banten dengan teman-teman wartawan,” katanya.

Andika mengatakan, banyak aktifitas WBP di dalam lapas yang harus diketahui, oleh karena itu, pihaknya mengajak awak media untuk mengunjungi UPT di Tangerang Raya seperti Lapas Kelas IIA Tangerang, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA), Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP), Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tangerang, dan Lapas Pemuda Tangerang.

“Press Tour 2020 ini kita mengambil tema ‘Pemasyarakatan di Mata Media’, melalui tema ini kita ingin mengundang teman-teman media untuk melihat secara langsung kondisi Lapas-lapas yang berada di Tangerang,” ucapnya.

Ada hal yang menarik pada kegiatan tersebut, dimana ada Kampus Kehidupan di Lapas Kelas IIA Pemuda Tangerang.

Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Kanwil Banten, Marcelina Wahyuningsih menjelaskan, saat ini ada sekitar 33 mahasiswa WBP yang sudah mendapatkan beasiswa untuk belajar di Kampus Kehidupan tersebut.

“Para mahasiswa kampus kehidupan sudah menjalani perkuliahan semester empat. Dan saat ini kita menggunakan metode daring dalam proses belajar mengajar karena efek dari adanya pandemi Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PWI Provinsi Banten Rian Nopandra mengapresiasi langkah yang diambil oleh Kemenkumham Banten, yang telah menggelar kegiatan tersebut bersama sejumlah wartawan lokal maupun nasional.

“Ini program Kanwil Kemenkumham Banten dan merupakan yang pertama kali dilakukan. Kami sangat mengapresiasi hal ini dan semoga dapat dicontoh oleh daerah lainya,” kata pria yang akrab disapa Opan.

Opan juga mengapresiasi inovasi Kemenkumham yang telah mendirikan Kampus Kehidupan sebagai bentuk perhatian pendidikan kepada WBP.

“Saya mengapresiasi langkah yang dilakukan Lapas Pemuda untuk memberikan pendidikan seperti ini kepada warga binaan selama menjalani masa pidana, dan ini sangat luar biasa,” ujarnya.

“Saya yakin teman teman punya semangat yang sama untuk belajar memperbaiki diri, belajar menjadi pribadi yang berguna untuk bangsa dan negara,” pungkasnya.

Zainal Mutakin

Categories
Hukum & Kriminal

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: