Polisi Ringkus Maling Kerbau di Ciwandan

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Jajaran Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Ciwandan berhasil meringkus maling kerbau di area galian batu PT Batu Buana Makmur Indonesia (BBMI)....

Pelaku berinisial MH (34) yang merupakan Warga Desa Mekarsari, Kecamatan Sobang, Kabupaten Pandeglang itu melakukan pencurian hewan ternak milik Mista (51) Warga Lingkungan Warung Kara, Kelurahan Randakari, Kecamatan Ciwandan.

Dimana 4 ekor kerbau milik Mista tersebut tengah dilepas liar di area galian batu PT BBMI yang berlokasi di Lingkungan Warung Kara, Kelurahan Randakari, Kecamatan Ciwandan.

Kapolsek Ciwandan, AKP Ali Rahman mengatakan, pelaku melancarkan aksinya pada 15 Januari 2021 lalu sekitar pukul 06.00 WIB. Dimana dari 4 kerbau yang dicuri pelaku, satu ekor diantaranya sudah dipotong.

“Modusnya, pelaku mengambil 4 ekor kerbau yang berada di area galian batu PT BBMI Ciwandan dengan cara pelaku mengaku kerbau tersebut merupakan miliknya, yang selanjutnya kerbau di giring dan di masukan ke dalam truck colt diesel yang disiapkan,” kata Kapolsek, Rabu (3/2/2021).

Empat Kerbau hasil curian itu, kata AKP Ali, rencananya akan dijual pelaku kepada salah satu juragan daging yang bernama Madi di Cibaliung, Kabupaten Pandeglang, dengan harga yang ditawarkan senilai Rp30 juta.

Namun, belum sempat terjadi transaksi, pelaku terlebih dahulu berhasil diringkus oleh jajaran Reskrim Polsek Ciwandan.

“Sebelum membeli, Madi ini menanyakan kepada pelaku terkait surat keterangan dari desa, namun pelaku tidak bisa menunjukkan bukti kepemilikan dan menjanjikan surat akan diserahkan pada hari minggu. Makanya belum sempat terjadi transaksi,” tutur Kapolsek.

Selain menangkap pelaku, polisi juga berhasil menyita barang bukti yakni 3 ekor kerbau hasil curian, truk Mitshubisi colt diesel nomor polisi A 9467 PA yang digunakan untuk mengangkut kerbau, satu buah golok, potongan kayu, satu buah tali, bukti rekaman CCTV dan uang tunai Rp 700.000.

Atas perbuatan tersebut, pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

Zainal Mutakin

Categories
Hukum & Kriminal

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: