Pokja Wartawan Harian Cilegon Serahkan Bantuan Tsunami Melalui PMI

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON – Wartawan wilayah liputan Kota Cilegon yang tergabung dalam Pokja Wartawan Harian Cilegon (PWHC) menyerahkan bantuan untuk korban bencana tsunami di Banten melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon, Jumat (28/12/2018).
BANTUAN TSUNAMI: Wartawan yang tergabung dalam Pokja Wartawan Harian Kota Cilegon berfoto bersama Ketua PMI Cilegon, Abdul Hakim L:ubis usai menyerahkan bantuan untuk korban tsunami di Banten Selatan/beritakarya.co.id

Ketua PWHC Kota Cilegon, Ronald Siagian mengatakan, bantuan tersebut terlaksana secara spontan dari hampir seluruh anggota yang merupakan wartawan harian dari media cetak dan online.

“Setelah kita diskusi sedikit dan menghimpun informasi soal kebutuhan logistik di daerah yang terdampak tsunami seperti di Carita dan Sumur, akhirnya secara spontan kita menghimpun dana,” kata Ronald Siagian.

Dana yang terkumpul dari sumbangan seluruh anggota PWHC itu langsung dibelanjakan dan diserahkan kepada PMI Kota Cilegon.

“Bantuan berupa popok bayi, susu bayi, handuk dan pakaian dalam bayi lainnya ini merupakan bentuk kepedulian dari teman-teman wartawan di PWHC, sesuai dengan kemampuannya. Meskipun kecil, tapi kami berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang saat ini masih berada di pengungsian,” imbuh Ronald.

Sementara Ketua PMI Kota Cilegon, Abdul Hakim Lubis didampingi pengurus PMI Cilegon, Erwin Harahap mengapresiasi bantuan kelompok jurnalis yang tak asing lagi baginya. Menurutnya, produk bantuan yang diserahkan tersebut sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh warga terdampak.

“Relawan kita di sini terus menyortir pakaian-pakaian yang layak pakai dan ukurannya. Karena banyak barang tidak layak yang kita peroleh, artinya supaya ada pemahaman di masyarakat kita ini bahwa kalau mereka mau memberikan pakaian bekas itu ya harus benar-benar layak. Jangan diserahkan ke sini tanpa disortir terlebih dulu,” ujar Mantan Sekda Kota Cilegon itu.

Masih kata Lubis, dalam pendistribusian bantuan tersebut pihaknya dibantu oleh ratusan relawan yang bekerja secara bergantian. Dengan menggunakan armada truk dalmas dan mobil pikap, sejauh ini pihaknya sudah dua kali mengirimkan bantuan yakni langsung ke daerah terdampak tsunami di Kecamatan Sumur, Pandeglang dan pendistribusian melalui PMI Kabupaten Pandeglang.

“Bantuan ini kan terus berdatangan, kita belum memberikan batas waktu penyerahan bantuan ke PMI Kota Cilegon. Karena Pak Gubernur Banten sendiri sudah menetapkan batas waktu tanggap darurat itu sendiri sampai dengan 9 Januari mendatang. Insya Allah, barang bantuan dari Pokja ini akan segera kami sampaikan,” pungkasnya.

Iffan Gondrong

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: