Pilkada di Zona Merah, Pemda Harus Melek Data

BERITAKARYA.CO.ID, JAKARTA - Satgas Covid-19 mencatat ada 17 daerah kabupaten/kota di Indonesia masuk dalam zona merah dan akan melaksanakan Pilkada serentak....
Ilustrasi waspada virus corona
ILUSTRASI: Waspada virus corona/beritakarya.co.id

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito meminta setiap pemerintah daerah (Pemda) yang akan melaksanakan pilkada serentak 2020 di zona merah untuk memahami situasi dan kondisi pandemi di daerah masing-masing.

Wiku menyebut pemda perlu menyadari data perkembangan Covid-19 di daerah supaya dapat melakukan penyesuaian penyelenggaraan pilkada serentak di daerahnya.

“Penyelenggara pemilihan serentak maupun pemda setempat harus melek data (Covid-19) untuk memahami betul situasi dan kondisi terkini agar bisa menentukan penyesuaian-penyesuaian,” kata Wiku seperti dilansir CNNIndonesia.com, Kamis (19/11/2020).

Penyesuaian yang dimaksud Wiku itu merujuk pada PKPU Nomor 13 Tahun 2020, tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serentak Lanjutan dalam Kondisi Bencana Non-Alam Covid-19.

PKPU Nomor 13 Tahun 2020 tersebut mengatur penyelenggaraan pilkada serentak 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan agar tidak menyebabkan penularan yang luas.

Pasal 58 yang mengatur penyelenggaraan kampanye. Sesuai dengan protokol kesehatan, kampanye tatap muka dilakukan terbatas, serta dilakukan daring. Jika kampanye dilakukan langsung, maka ada beberapa protokol kesehatan yang harus dipatuhi.

Seperti pembatasan peserta paling banyak 50 orang dengan perhitungan jarak minimal 1 meter, menggunakan alat pelindung diri dengan masker, serta memastikan kesiapan sarana sanitasi cuci tangan memadai pada tempat dilaksanakannya kegiatan.

Wiku juga mengatakan, Satgas bersama lintas kementerian-lembaga selalu melakukan update situasi dan kondisi pandemi di daerah yang menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020.

Untuk diketahui, berikut daftar zona merah daerah yang menggelar pilkada serentak 2020.

1. Kota Gunungsitoli (Sumatera Utara)

2. Kota Payakumbuh (Sumatera Barat)

3. Kota Tanjungpinang (Kepulauan Riau)

4. Kota Bandar Lampung (Lampung)

5. Pesawaran (Lampung)

6. Kota Cilegon (Banten)

7. Bandung (Jawa Barat)

8. Karawang (Jawa Barat)

9. Tasikmalaya (Jawa Barat)

10. Boyolali (Jawa Tengah)

11. Kendal (Jawa Tengah)

12. Pemalang (Jawa Tengah)

13. Sukoharjo (Jawa Tengah)

14. Sragen (Jawa Tegah)

15. Barito Timur (Kalimantan Tengah)

16. Kutai Kartanegara (Kalimantan TImur)

17. Kutai Timur (Kalimantan Timur).

Uploader: Iffan Gondrong

Baca Sumber <https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201119143956-32-571890/pilkada-di-17-zona-merah-satgas-minta-pemda-melek-data>

Categories
Nasional

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: