Pertamina Pastikan Pasokan LPG dan BBM Aman

BERITAKARYA.CO.ID, SERANG - PT Pertamina (Persero) memastikan kesiapan pasokan LPG dan BBM terutama di wilayah Marketing Operation Region (MOR) III Jawa bagian Barat, melingkupi Provinsi DKI Jakarta, Banten dan...

Melalui Satuan Tugas Ramadan, Idul Fitri (Satgas RAFICO) Pertamina tak berhenti menyalurkan energi, di tengah kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Unit Manager Comrel & CSR MOR III, Dewi Sri Utami menjelaskan, selama masa PSBB, Pertamina tetap beroperasi. Penyaluran BBM dan LPG tetap dilakukan dengan memperhatikan protokol keamanan pencegahan Covid-19 serta kebijakan pemerintah pusat maupun daerah.

Saat ini konsumsi BBM di wilayah Region III yang meliputi Banten, DKI dan Jawan Barat mengalami penurunan sebagai dampak dari PSBB dan WFH.

Pada April 2020, produk Gasoline (Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) turun sebesar 35 persen dan Gasoil (Dexlite dan Pertamina Dex) terkoreksi 26 persen .

Pada kondisi normal, lanjutnya, konsumsi Gasoline mencapai 26.247 kilo liter (KL) per hari. Sedangkan pada bulan April 2020, rata-rata konsumsi mencapai 17.316 KL/hari.

Masih kata Dewi, Gasoil pada kondisi normal adalah 9.811 KL/hari dan rata-rata konsumsi pada bulan April 2020 sebesar 7.502 KL/hari.

Dewi menambahkan, kebutuhan LPG di sektor rumah tangga meningkat karena sebagian besar masyarakat kini beraktivitas dari rumah.

Pada April, diketahui konsumsi LPG subsidi 3 kilogram (KG) naik 11 persen, dari konsumsi normal 6.504 metrik ton (MT)/hari menjadi 7.214 MT/hari.

Sedangkan, konsumsi LPG non subsidi untuk sektor rumah tangga, yakni Bright Gas 5,5KG dan 12 KG, menjadi 636 MT/hari dari konsumsi normal 646 MT/hari, atau turun 2 persen.

Satgas Rafico Pertamina 2020 telah aktif sejak 1 April 2020 hingga 8 Juni untuk menjaga keberlangsungan penyaluran energi.

Selama masa Ramadan, sambungnya, Pertamina meningkatkan layanan masyarakat melalui layanan antar Pertamina Delivery Service (PDS).

Layanan PDS ini bisa diakses melalui call center Pertamina 135, untuk pembelian produk BBM dan LPG non subsidi.

“Bagi pengguna LPG Bright Gas, masyarakat dapat menikmati promo diskon khusus dengan program PDS ini. Yakni diskon biaya isi ulang hingga 25 persen serta bebas biaya antar. Promo ini berlaku sejak 20 April hingga 18 Juni 2020,” tutupnya.

Baehaqi

Categories
Serang

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: