Perjalanan Ketua DPRD Banten Menggapai Mimpi, Jadi Kuli Bangunan untuk Biaya Kuliah

BERITAKARYA.CO.ID, SERANG – Melihat seseorang tidak bisa hanya saat dia jaya. Perjalanan panjang sebagai proses menuju kesuksesan orang, itulah sesungguhnya yang perlu dilihat dipelajari. Sebab, kesuksesan ada jalannya tersendiri....
Ketua DPRD Banten Andra Soni berkisah tentang perjalanan hidupnya
Ketua DPRD Banten Andra Soni berkisah tentang perjalanan hidupnya

Sebagian besar masyarakat Banten tentu tahu atau minimal pernah mendengar nama Ketua DPRD Banten, Andra Soni. Namun sepertinya, banyak yang belum tahu bagaimana Andra Soni memulai langkah pertamanya hingga dia duduk sebagai Ketua DPRD Banten saat ini.

Dalam sebuah podcast yang dipandu Pimpinan Redaksi Beritakarya.co.id, Iffan Gondrong, Andra Soni berkisah tentang perjalanan hidupnya. Sebuah perjalanan panjang yang tentu saja bisa menginspirasi banyak orang. Berikut kisahnya.

Ketua DPRD Provinsi Banten, Andra Soni pernah mengalami hidup susah. Untuk bisa menempuh pendidikan yang lebih tinggi, politisi Gerindra itu harus kerja sebagai kuli bangunan.

Andra Soni melanjutkan pendidikan D3 diperguruan tinggi STIE Bakti Pembangunan yang berada di Jakarta pada tahun 1996 dan lulus tahun 2001. Artinya Andra Soni membutuhkan waktu lima tahun untuk menyelesaikan studinya.

Semasa kuliah, Andra Soni tidak seperti mahasiswa pada umumnya yang hidup serba berkecukupan. Ia harus hidup bekerja keras agar bisa membayar biaya kuliah.

Andra Soni memanfaatkan waktunya untuk kerja bangunan dengan upah Rp10 ribu dalam satu hari. Uang yang didapatnya dikumpulkan untuk membayar biaya kuliah.

“Saya kuliah dimasa krisis moneter tahun 96 97 98, saya cuti saya harus kerja supaya saya bisa bayar kuliah. Dulu kan ada namanya KRS, kartu rencana studi, nah itu baru kita isi kalo kita bisa melakkan pembayaran,” ujar Andra Soni saat berbincang di akun youtube Celoteh Iffan Gondrong.

Sambil mengenang masa sulitnya, Andra Soni kembali mengingat bahwa saat itu, Andra Soni harus membiayai kuliahnya tanpa bantuan orang lain.

“Saya membiayai kuliah sendiri sambil kerja, awal bekerja saya itu diburuh bangunan tahun 96, tapi kalo jaman sekarang istilah kenek kali ya,” ucapnya.

Andra Soni melakukan itu lantaran sadar bahwa hidupnya bukan berasal dari keluarga yang mampu secara ekonomi.

“Saya bukan anak orang kaya, saya tinggal sama kakak dan memang besiknya kami bukan dari keluarga yang mampu. Sehingga bicara soal pendidika waktu itukan kendalanya biaya,” katanya.

Dalam perjalannya hidupnya, Andra Soni juga pernah tinggal bersama kakak pertamanya. Kini Andra Soni sukses menjadi politisi hingga terpilih menjadi Ketua DPRD Provinsi Banten dari Partai Gerindra.

Perjalanan panjang Andra Soni itu tentu saja patut ditiru. Ia tak kenal putus asa untuk meraih mimpi suksesnya.

Sebab, kesuksesan tidak akan datang tiba-tiba, butuh jalan perjuangan untuk menggapainya.

Penulis : Irfan Muntaha

Categories
Features

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: