Peringati HUT RI, POSSI Kibarkan Bendera di Bawah Laut

BERITAKARYA.CO.ID, SERANG - Peringati HUT Kemerdekaan Indonesia ke-76, Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Banten menggelar pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut, Selasa (17/8/2021)....

Upacara pengibaran Bendera Merah Putih di kedalaman 10 meter tersebut dilaksanakan di Perairan Sangiang, Kabupaten Serang.

Upacara bawah laut itu diikuti oleh Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten, Forum Komunikasi Kepala Daerah (Forkopimda) Cilegon, Ditpolairud Polda Banten, Badan SAR Nasional (Basarnas) Banten.

Selain itu, pelaksanaan upacara bawah laut juga diikuti KONI Cilegon, Banten Divers Community (BDC), PT Krakatau Posco, PT Krakatau Daya Listrik (KDL), PT Chandra Asri Petrochemical, PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM), Penyelam Wisata Banten, Pramuka Saka Bahari, serta Pramuka Sako SPN.

Pada detik-detik pengibaran bendera bawah laut, selama 3 menit seluruh peserta upacara bawah laut dan seluruh awak kapal berdiam sejenak pada posisi hormat kepada Bendera Merah Putih yang berkibar di Tiang Gapel KAL Anyer I-3-64.

Termasuk para awak Kapal KAL Tamposo I-3-34, Patkamla Panaitan, KN Darupada Basarnas, Kapal Patroli 2005 Polairud, bahkan perahu-perahu nelayan masyarakat Pulau Sangiang.

Usai pelaksanaan pengibaran bendera di bawah laut, rombongan melaksanakan kegiatan bakti sosial dengan memberikan bantuan paket sembako kepada masyarakat nelayan Pulau Sangiang di atas Kapal TNI AL KAL Anyer I-3-64.

Ketua POSSI Banten Kolonel Laut (P) Budi Iryanto berharap bantuan sembako yang diberikan dapat bermanfaat bagi masyarakat beserta keluarga, khususnya ditengah situasi pandemi Covid-19.

“Seluruh rangkaian kegiatan ini adalah bentuk sinergitas antara TNI, Polri, Pemerintah dan masyarakat dalam memerangi Covid – 19,” kata Kolonel Laut (P) Budi.

Komandan Lanal Banten itu juga menuturkan, selain untuk memelihara nasionalisme akan cinta tanah air, kegiatan itu bertujuan untuk menyampaikan pesan bagi seluruh masyarakat Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

“Jadi dengan semangat kemerdekaan, bersama lawan pandemi Covid-19 dan patuhi protokol kesehatan. Ini artinya kami memiliki harapan besar bahwa kasus Covid-19 yang terjadi di Indonesia dapat turun bahkan hilang sama sekali,” ujarnya.

Kolonel Laut (P) Budi mengungkapkan, upacara pengibaran bendera bawah laut tersebut merupakan ke tiga kalinya dilaksanakan oleh POSSI Banten dan pihak-pihak terkait di Perairan Sangiang.

Meski dilaksanakan di era Pandemi Covid-19, lanjut Danlanal Banten, pihaknya menggelar pengibaran bendera bawah laut dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kegiatan ini sudah dilaksanakan ketiga kalinya. Untuk sekarang saat ini di masa pandemi, acara tetap dilaksanakan namun sesuai protokol kesehatan,” tuturnya.

Wakil Ketua POSSI Cilegon AKBP Hendri Gunawan mengatakan, pasca pengibaran bendera merah putih pihaknya melaksanakan bakti sosial.
Sebanyak kurang lebih 1.000 paket sembako disalurkan oleh para peserta acara kepada masyarakat maritim di sekitar Anyer.

“Setelah pengibaran bendera bawah laut, kami menyerahkan kurang lebih seribu paket sembako. Kami berharap bantuan ini bisa membantu masyarakat maritim yang terdampak Covid-19,” ujarnya.

Terpisah, Walikota Cilegon Helldy Agustian mengapresiasi adanya acara pengibaran bendera bawah laut di perairan Pulau Sanghyang tersebut.

Menurut Helldy, acara tersebut sangat bagus, dan beresensi pada perwujudan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Saya merasakan semangat persatuan dan kesatuan pada acara ini. Bagaimana tidak, para penyelam mengibarkan bendera bawah laut. Disaat yang sama semuanya berkumpul di atas kapal untuk menghormati bendera merah putih,” tandasnya.

Penulis: Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: