Peringatan Hardiknas, Kadindik Ingatkan Empat Kompetensi Wajib Seorang Guru

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon, Ismatullah ingatkan guru di Kota Cilegon untuk terus meningkatkan profesionalitas dalam proses belajar-mengajar....

Ismatullah mengatakan, peningkatan profesionalitas guru tersebut dalam rangka mewujudkan pendidikan di Kota Cilegon yang memiliki mutu dan kualitas.

“Masyarakat akan diuntungkan dengan guru-guru profesional tapi bisa dirugikan oleh guru-guru yang merusak kinerja guru. Maka harapan kami bagi guru yang kurang profesional lebih baik berhenti jadi guru,” kata Ismatullah, usai Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Kota Cilegon di Aula Kominfo, Senin (3/5/2021).

Ismatullah mengungkapkan, profesi guru bukanlah pekerjaan yang mudah dan bisa dilakukan dengan asal-asalan.

Menurut Ismatullah, ada empat kompetensi yang wajib dimiliki oleh guru, yakni kompetensi pedagogik (kemampuan atau keterampilan guru yang bisa mengelola suatu proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar dengan peserta didik),  kompetensi kepribadian, profesional, dan sosial.

“Guru itu digugu (dipercaya) dan ditiru. Kalau guru mengabaikan empat ini, berarti mengabaikan empat kompetensi guru tersebut. Dan itu namanya main-main,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Walikota Cilegon, Helldy Agustian mengatakan, dengan Indonesia tengah mendapatkan bonus demografi, dimana usia produktif angkatan kerja lebih besar, maka Pemkot Cilegon harus memanfaatkan hal itu melalui sentuhan dan kolaborasi guru dalam meningkatkan kualitas serta mutu pendidikan.

“Maka untuk memanfaatkan itu perlu adanya sentuhan dan kolaborasi dari Guru. Tadi juga ada dari Kemenag nya, agar supaya Kemenag dan Dindik bisa berkolaborasi dalam rangka mendidik akhlak dan hal-hal formal, mudah-mudahan jadi generasi yang lebih baik,” tuturnya.

Helldy berharap, dengan peringatan Hardiknas tersebut, dapat semakin meningkatkan kinerja guru di Kota Cilegon untuk mewujudkan generasi penerus bangsa yang cerdas dalam berfikir dan santun dalam berperilaku.

“Tentunya kita ingin ghiroh semangat guru-guru di Kota Cilegon ini bertambah dalam hal keikhlasan mendidik generasi ke depan,” pungkasnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Editor: Zainal Mutakin

Categories
Pendidikan

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: