Pemkot Cilegon Tunggu Arahan Pusat Terkait Pembubaran Gugus Tugas Covid-19

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Pemerintah Pusat secara resmi telah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) No 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional....

Perpres tersebut ditandatangani Presiden Joko Widodo pada Senin (20/7/2020) lalu, dimana dalam Perpres itu disebutkan pencabutan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 7 Tahun 2020 sebagaimana telah diubah dalam Keppres Nomor 9 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang tertuang pada Pasal 20.

Lalu, pada Pasal 20 Ayat 2 huruf c, disebutkan kewenangan Gugus Tugas akan dilanjutkan oleh Komite Kebijakan dan atau Satuan Tugas Penanganan Covid-19/Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Daerah.

Komite Kebijakan ini diketahui membawahi dua satgas, yakni Satgas Covid-19 dan Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional.

Terkait penghapusan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 itu, Pemkot Cilegon sampai saat ini masih menunggu arahan resmi dari pemerintah pusat.

Wali Kota Cilegon Edi Ariadi mengatakan, pemerintah pusat sampai saat ini belum membuat aturan turunan untuk disampaikan ke pemerintah daerah.

“Kami masih menunggu arahan selanjutnya dari pemerintah pusat. Sampai saat ini, kami belum menerimanya,” katanya saat ditemui di Pemkot Cilegon, kemarin.

Edi mengatakan, Pemkot Cilegon siap menyesuaikan kebijakan pusat dengan kebijakan daerah. Ia meyakini jika susunan tim gugus tugas dan satgas, tidak ada yang berubah.

“Tidak ada yang berubah sepertinya, sama saja, hanya berganti nama. Paling ada tambahan tim, yaitu Satgas Pemulihan Ekonomi Daerah. Pada dasarnya kami siap untuk menyesuaikan dengan aturan pusat,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Cilegon, Ahmad Aziz Setia Ade Putra. Saat ini pihaknya tengah menunggu arahan dari Kemendagri.

“Biasanya, kebijakan presiden akan diikuti oleh aturan dari Kemendagri. Ini yang sebetulnya kami tunggu,” tuturnya.

Meskipun arahan Kemendagri belum turun, lanjut Aziz, Pemkot Cilegon sudah melakukan beberapa pembahasan dan persiapan terkait hal tersebut.

“Sudah diobrolkan oleh kami, apa yang berubah sesuai arahan pusat. Sehingga pada saatnya nanti, kami sudah siap untuk mengikuti aturan baru,” tandasnya.

Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: