Pemkot Cilegon Rencanakan Kerjasama Dengan Swasta, Ini Catatan Dari Ketua DPRD

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Pemkot Cilegon akan memaksimalkan kerjasama dengan swasta untuk realisasikan program pemerintah....

Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta mengatakan, Pemkot Cilegon akan memanfaatkan dana selain dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang berasal dari swasta untuk merealisasikan program yang tertuang dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJM), termasuk Pelabuhan Warnasari.

“Karena Cilegon ini daerah investasi, daerah industri, ada potensi Corporate Social Responsibility (CSR) yang tidak kecil, ini perlu dimaksimalkan. Kalau Pelabuhan Warnasari pasti dengan swasta. Warnasari kan masih PT PCM Leadernya,” kata Sanuji usai penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) RPJMD di Ruang Rapat Paripurna DPRD Cilegon, Kamis (8/7/2021).

Untuk merealisasikan hal itu, Sanuji mengaku akan merumuskan kembali terkait prosedur dan mekanisme membangun kerjasama dengan swasta dalam mewujudkan megaproyek dan beberapa program pemerintah lainnya.

“Nanti, mungkin harus menyusun skemanya, terutama untuk pengelolaan Warnasari,” ujarnya.

Sanuji juga mengungkapkan, dirinya menginginkan Cilegon menjadi salah satu pusat pelayanan jasa.

Hal itu sebagai upaya agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) dapat menembus hingga 2 triliun sesuai target Pemkot Cilegon.

“Jadi kita dorong pendapatan kita sampai 2 triliun. Soalnya kita ingin dorong Cilegon ini daerah yang punya pelayanan jasa, lab rumah sakit, lab Kesehatan, lab industri, laboratorium perdagangan, sebetulnya besar ini. Itu yang akan kita dorong untuk kita bangun,” tuturnya.

Menanggapi rencana kerjasama Pemkot Cilegon dengan swasta untuk merealisasikan program pemerintah tersebut, Ketua DPRD Cilegon Isro Mi’raj mempersilahkan hal itu.

Isro membenarkan dengan banyaknya program Pemkot Cilegon tidak akan tercukupi dengan APBD yang hanya sebesar Rp1,7 triliun.

Namun demikian Politisi Partai Golkar itu memberikan beberapa catatan untuk kepala daerah dalam mewujudkan program pemerintah tersebut dengan menggandeng swasta selama tidak melanggar regulasi dan mekanisme yang ada.

“Intinya dalam Pendapatan Asli Daerah kami harapkan bahwa pendapatan harus meningkat tetapi jangan membebani masyarakat,” ujarnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: