Pemkot Cilegon Kembali Buka CFD Pada 20 Juni

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Pemkot Cilegon akhirnya sepakat untuk membuka kembali aktifitas Car Free Day (CFD) di sepanjang Jalan KH Yasin Beji, Komplek Krakatau Steel, Kecamatan Purwakarta....

Kegiatan berjualan yang dibuka seminggu sekali di CFD tersebut, dipastikan akan kembali dibuka pada 20 Juni 2021 mendatang, dengan catatan Cilegon tidak masuk dalam Zona Merah Covid-19.

Sekretaris Daerah (Sekda) Cilegon Maman Mauludin mengatakan, sebelum secara resmi dibuka, Pemkot Cilegon masih akan melakukan beberapa tahapan evaluasi pada kegiatan CFD tersebut.

“Iya tanggal 20 (Juni). Kita masih tetap akan evaluasi sebelum itu nanti dibuka resmi, karena masih ada beberapa tahapan yang harus dievaluasi yah,” kata Maman usai ekspose kegiatan CFD oleh Pengelola CFD HPPB dan Pawon di Ruang Rapat Walikota, Kamis (10/6/2021).

Beberapa hal yang akan dievaluasi tersebut, lanjut Maman, yakni berkaitan dengan kesiapan pelaksanaan kegiatan di area CFD, mulai dari pengetatan protikol kesehatan (prokes), penataan tempat atau tata letak pedagang, hingga akses keluar masuk pengunjung ke area CFD.

“Semua itu pengelola yang mempersiapkannya, baik itu Pawon maupun HPPB. Untuk menunjang pelaksanaan itu semua kita serahkan ke mereka, nanti kita mengevaluasi apakah itu layak dilaksanakan tanggal 20 atau tidak, semua tergantung dari mereka,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Disperindag Cilegon Bayu Panatagama berharap, dengan telah disepakatinya kegiatan CFD untuk kembali dibuka, pedagang dan pengelola dapat mematuhi ketentuan yang telah diberlakukan.

“Sesuai dengan apa yang disampaikan Pak Wakil Walikota tadi, CFD Cilegon diharapkan jadi barometer, percontohan, bahwa melakukan langkah sesuai apa yang diharapkan Pemerintah Pusat. Artinya pertumbuhan ekonomi berjalan tapi tidak mengabaikan protokol kesehatan,” tuturnya.

Bayu juga menyampaikan, pihaknya bersama dengan pengelola CFD HPPB dan Pawon akan terus mempersiapkan secara matang pelaksanaan CFD ditengah pandemi Covid-19.

“Pawon dan HPPB alhamdulillah mengerti itu, bahkan ini sudah juga menjadi pembahasan yang intensif baik dengan legislatif maupun dengan kita,” ujarnya.

Sementara itu, Pengelola CFD HPPB Bambang Andriyanto menyatakan, pihaknya beserta pengelola CFD Pawon dan pedagang telah siap melaksanakan ketentuan sesuai aturan prokes yang berlaku.

“Insya Allah kita sudah siap semua, prokes yang diminta dari kemarin juga sudah kita siapkan,” katanya.

Dengan ketentuan yang diberikan oleh Pemkot Cilegon sebagai persyaratan membuka kegiatan CFD di tengah pandemi Covid-19, Andri mengaku pihaknya telah mempersiapkan seluruhnya.

“Yang paling inti sih di kita sudah kita penuhi semua, dari pedagang maupun pengelolanya. Kemarin sudah di verifikasi kalau yang untuk pengelola oleh BPBD (Cilegon) dan lolos semua, katanya sih 90 persen kita sudah bagus,” pungkasnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: